Rumah warga roboh terbawa longsor di Tayan Hilir


  • Senin, 11 Januari 2021
  • 10:18 WIB
  • Rumah warga roboh terbawa longsor di Tayan Hilir

    Sanggau (ANTARA) –

    Ruas jalan Trans Kalimantan penghubung Kabupaten Ketapang dan Kalimantan Timur di kilometer 2 (Pal 2) Desa Pedalaman Kecamatan Tayan Hilir wilayah Sanggau, Kalimantan Barat mengalami longsor, akibatnya sebuah rumah yang berada di tepi jalan tersebut roboh terbawa longsor.

     

    Longsor tersebut terjadi sekitar pukul 22.00 WIB, Minggu (10/1) semalam, meskipun tidak ada korban jiwa, namun Dadang (52) pemilik rumah korban longsor mengalami luka ringan (lecet) dan kerugian di perkirakan puluhan juta rupiah.

     

    “Ada beberapa barang bisa diselamatkan, karena sudah ada bunyi kayu berderak gitu, maka Pak Dadang pemilik rumah sempat memindahkan barang-barangnya. Pak Dadang hanya luka lecet saja,” kata Kepala Desa Pedalaman Sunarto, kepada ANTARA, di lokasi longsor di Desa Pedalaman Kecamatan Tayan Hilir wilayah Sanggau, Senin pagi.

     

    Dikatakan Sunarto, bencana longsor itu cukup membahayakan pengendara sebab hampir separoh badan jalan Trans Kalimantan penghubung Kabupaten Ketapang hingga Kalimantan Timur itu terkena longsor.

     

    Pantauan di lapangan, akibat longsor itu satu tiang listrik tumbang, kemudian kabel optik bawah tanah jaringan seluler ikut terputus.

     

    Saat ini, di lokasi kejadian telah terpasang garis polisi, agar para pengendara berhati-hati saat melintas. Selain itu, ramai warga setempat mendatangi lokasi kejadian, hanya untuk melihat dari dekat dan mengabadikan kondisi tanah dan rumah yang longsor tersebut.

     

    Dihubungi ANTARA, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sanggau, Siron mengatakan pihaknya akan mengidentifikasi atau meninjau langsung ke lokasi kejadian tanah longsor, menetapkan korban yg kena longsor serta kordinasi dengan dinas terkait untuk menangani logistik yang terkena musibah.

     

    ” Yang jelas kami akan ke lokasi kejadian, mengidentifikasi kejadian dan korban serta berkoordinasi dengan instansi lainya terkait logistik bantuan untuk korban yang terkena longsor,” kata Siron.




    Like it? Share with your friends!