RAPAT KOORDINASI PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAERAH KABUPATEN SANGGAU TAHUN 2019


  • Senin, 18 November 2019
  • 15:56 WIB
  • RAPAT KOORDINASI PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAERAH KABUPATEN SANGGAU TAHUN 2019

    Dalam rangka penanganan kemiskinan di Kabupaten Sanggau, Bappeda menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Sanggau tahun 2019 bertempat di ruang rapat lantai II Bappeda Kab. Sanggau pada hari Kamis, 14 November 2019.

    Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan laporan panitia pelaksanaan kegiatan yang disampaikan oleh Plt. Kabid Perencanaan Sosial Budaya Bappeda Kab. Sanggau selaku Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan ibu Henny Lorryda Yuliana AS. SAP, M.Si. dalam kesempatan itu disampaikan bahwa tujuan dari diadakannya rapat koordinasi ini adalah mengevaluasi capaian prioritas penanggulangan kemiskinan RPJMD Kabupaten Sanggau 2014–2019, Mengevaluasi capaian indikator-indikator kemiskinan dari bidang ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan, ekonomi, ketahanan pangan dan infrastruktur dasar, serta melakukan koordinasi, sinkronisasi, harmonisasi dan integrasi berbagai program/kegiatan penanggulangan kemiskinan dari perangkat daerah serta untuk optimalisasi tim pelaksanaan dan sekretariat penanggulangan kemiskinan daerah Kabupaten Sanggau.

    Selanjutnya sambutan oleh PJ. Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau selaku Wakil Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Bapak Ir. Kukuh Triyatmaka, MM. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Kabupaten Sanggau akan maju jika seluruh daerahnya mampu memaksimalkan potensi yang ada. Keberagaman baik dari segi sumber daya alam maupun sosial dan budaya merupakan sebuah modal competitive advantages bagi Kabupaten Sanggau untuk maju dan terdepan.  Setiap daerah / wilayah pada umumnya memiliki potensi produk yang bisa diangkat dan dikembangkan. Perekonomian masyarakat akan bangkit menjadi perekonomian yang kuat, tangguh, dan terhormat jika indeks daya saing berada pada tingkat yang tinggi.

    Selanjutnya dikatakan oleh PJ. Sekretaris Daerah penanggulangan kemiskinan menjadi prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sanggau tahun 2019-2024. sesuai Misi kedua yaitu “Mewujudkan masyarakat yang cerdas, sehat, bermartabat dan berdaya saing” dan Misi ke 3  yaitu “Meningkatkan  taraf hidup masyarakat  berbasis ekonomi kerakyatan dan nilai-nilai kearifan lokal”.

    Misi ini dimaksudkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan basis pemanfaatan potensi sumber daya alam dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan. Termasuk upaya untuk menurunkan angka kemiskinan serta menurunkan kesenjangan antar kelompok pendapatan. Upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan perlu ditunjang dengan investasi yang diarahkan pada pengembangan investasi yang selaras dengan pengembangan ekonomi hijau

    Acara dilanjutkan dengan paparan yang dimulai dari Kepala Bappeda Kab. Sanggau selaku Sekretaris TKPK Kab. Sanggau mengenai Evaluasi Pelaksanaan Program / Kegiatan Penanggulangan Kemiskinan dan Penguatan Tugas Fungsi TKPK D. Kemudian dilanjutkan dengan paparan dari perangkat daerah diantaranya dari Dinas Kesehatan Kab. Sanggau, Dinas Sosial P3AKB Kab. Sanggau, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sanggau, Dinas PMPemdes Kab. Sanggau, BPS Kabupaten Sanggau, dan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan Holtikultura dan Perikanan Kab. Sanggau.




    Like it? Share with your friends!