Plt. Kadis Dinas Lingkungan Hidup dampingi Wakil Bupati Sanggau resmikan Kebun Bibit Tanaman Endemik Kalbar – Dinas Lingkungan Hidup


  • Rabu, 9 Juni 2021
  • 20:44 WIB
  • Plt. Kadis Dinas Lingkungan Hidup dampingi Wakil Bupati Sanggau resmikan Kebun Bibit Tanaman Endemik Kalbar – Dinas Lingkungan Hidup

    Dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021 serta dalam rangka menjaga keberlangsungan ekosistem hutan khususnya pelestarian tanaman endemik Kalimantan Barat, Wakil Bupati Sanggau yang didampingi Plt. Kepala Dinas DLH serta dihadiri oleh beberapa Kepala OPD seperti Kepala DKPTHP Kab.Sanggau, Kepala BPBD Kab. Sanggau, Forkompincam Kec.Toba, Kepala KPH Sanggau Barat, Perwakilan Perusahaan PT. Antam dan PT. ICA melakukan kegiatan peresmian kebun bibit Endemik Kalimantan Barat di Desa Teraju, Kec. Toba pada hari Rabu ( 09/06/2021) di desa Teraju, Kec.Toba.

    Wakil Bupati Sanggau dalam sambutannya mengungkapkan bahwa perlunya pelestarian tanaman endemik Kalimantan Barat seperti Tanaman Buah Lokal Asli Kalimantan Barat seperti tampui maupun tanaman lain seperti Kayu Belian, tengkawang maupun tanaman lokal lainnya. “ tanaman endemik ini kalau tidak ada orang yang memikirkannya pada akhirnya akan sulit kita cari, seperti ulin dan tanaman lain akan bisa hilang apabila tidak orang yang memikirknya” ungkap Wakil Bupati Sanggau.

    Sementara itu perwakilan perusahan PT. Antam Parjono yang menjadi fasilitator dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa “ saat ini ada 13 jenis tanaman yang dikembangkan pada kebun bibit ini dengan jumlah tanaman sebanyak 694 bibit yang diharapkan akan semakin bertambah khusus ulin ditargetkan pada tahun 2021 ini adalah 1000 bibit pohon” jelas Parjono.

    Sementara itu ditempat terpisah Kepala Bidang Pengelolaan Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau Ir. H. Nazmi Yahya yang akrab dipanggil Pak Cik menjelaskan “ kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021, dimana pada tahun ini tema “Restorasi Ekosistem” dimana Restorasi ekosistem ini sendiri dapat mengambil banyak bentuk kegiatan seperti, menanam pohon, menghijaukan kota, membangun kembali kebun, mengubah pola makan atau membersihkan sungai dan pantai. Restorasi ini dilakukan untuk membentuk generasi yang bisa berdamai dengan alam “ pungkas Ir.H.Nazmi Yahya.


    Like it? Share with your friends!