Pimpin Apel Gabungan, Bupati Ingatkan Beberapa Hal Penting Kepada OPD


  • Senin, 2 Desember 2019
  • 12:00 WIB
  • Pimpin Apel Gabungan, Bupati Ingatkan Beberapa Hal Penting Kepada OPD

    SANGGAU – Apel kesadaran Nasional sudah menjadi agenda rutin, dua kali dalam sebulan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau, apel tersebut dilaksanakan pada awal bulan yakni di minggu pertama kemudian pertengahan bulan di minggu ketiga. Tujuannya selain Silahturahmi, Cek Kedisiplinan Pegawai juga Evaluasi Kinerja.

    Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.I.P, M.Si ketika memimpin apel pada Senin (2/12/2019) pagi, mengatakan ada beberapa hal penting yang perlu diingatkan, antara lain: kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bupati ingatkan agar segera tindaklanjuti terhadap hasil Audit BPK RI tahun 2018, setiap OPD pasti sudah tahu apa yang harus dilakukan, termasuk sudah diingatkan oleh Inspektorat karena ini sudah mau berakhir tahun 2019, jadi yang tahun 2018 itu semestinya sudah tuntas, ujarnya.

    Karena sebentar lagi tahun 2019 akan berakhir, Bupati meminta agar menjadi perhatian serius segera disiapkan audit untuk tahun 2019 karena itu menjadi tolak ukur kinerja kita dan kalau tidak dituntaskan bisa menjadi bagian yang bermasalah nantinya. Jadi, abaikan pemikiran – pemikiran gaya lama kita yang menganggap ini biasa – biasa saja karena semua pantauan ini sudah terbuka, orang sudah lihat, untuk itu apa yang harus kita tindaklanjuti dan apa yang harus kita penuhi berdasarkan undang-undang yang berlaku.

    Berikutnya, Bupati mengingatkan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sanggau yang merupakan kontrolnya Pj. Sekda bahwa di UU nomor 30 tahun 2017 tentang Administrasi Pemerintahan, jika Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) sudah menduduki jabatan lima tahun maka wajib uji kompetensi, karena saya tau masih banyak diantara kita yang uji kompetensinya belum dilakukan sehingga apabila tidak dilakukan, maka apapun keputusan administrasi yang dilakujan oleh pejabat yang bersangkutan dianggap ilegal. Segera tuntaskan, jangan sampai nanti ini jadi masalah, janji BKPSDM bulan ini tuntas dan saya tunggu itu, tegas Bupati.

    Kemudian, Bupati meminta kepada Baperjakat Kabupaten Sanggau agar segera mempersiapkan kepengurusannya dan tahun ini harus ada yang dilantik sebelum bulan januari, jelasnya.

    Tutup buku tahun 2019, pada tanggal 15 Desember, kepada OPD jangan tidak dilakukan, segera selesaikan namun penuh kehati hatian terutama yang mengelola barang dan jasa, pastikan apa yang sudah dikerjakan itu sesuai ketentuan Undangan-undang yang berlaku, tegas dalam hal ini terutama dalam pembayaran supaya tidak ada permasalahan, jika pekerjaannya tidak bisa dibayarkan 100% kalian katakan tidak, jangan lagi ada pertimbangan, tegas Bupati.

    Terkait peserta apel yang masih banyak belum hadir mengikuti apel rutin baik ASN maupun tenaga kontrak, Bupati sampaikan jika yang bersangkutan tidak hadir karena bertugas itu tidak apa-apa namun jika sengaja tidak mau apel maka itu sudah menjadi kewajiban kepala OPD yang menindaklanjutinya sehingga jangan sampai menjadi kebiasaan nantinya.

    Selanjutnya lagu mars kota sanggau, setiap apel harus kita nyanyikan hal ini agar meresapi dalam diri kita, memacu semangat dalam bekerja untuk mengurus sanggau kearah lebih baik lagi, jelas PH sapaan akrab Bupati Sanggau.

    Hadir dalam apel tersebut, Wakil Bupati Drs. Yohanes Ontot, M.Si, Pj. Sekda Sanggau Ir. Kukuh Triyatmaka, MM.,para Staf Ahli, para Asisten, pimpinan OPD, para Kabag, Kabid, Kasi, para staf dan tenaga honor di lingkungan Pemkab Sanggau.

    Penulis : Sukardi




    Like it? Share with your friends!