PENYUSUNAN RENCANA DETAIL TATA RUANG KAWASAN EMBAONG LAWANG, KAB. SANGGAU


  • Rabu, 13 November 2019
  • 14:36 WIB
  • PENYUSUNAN RENCANA DETAIL TATA RUANG KAWASAN EMBAONG LAWANG, KAB. SANGGAU

    //IZAR-DISKOMINFO SANGGAU//

    SANGGAU, Dilaksanakannya rapat membahas tentang rencana tata ruang kawasan Embaong Lawang Kab. Sanggau, bertepat di ruang musyawarah lantai 1 Kantor Bupati Sanggau, Rabu (13/11) Pukul 11:30 Siang.

    Konsep kawasan Embaong Lawang di rencanakan akan menjadi simpul regional dan pusat kawasan pemerintahan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Herman, Ketua Tim Penyusun Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Embaong Lawang Kab. Sanggau.

    “Tahap ini merupakan tahap kita merumuskan konsep dan rencana dari pengembangan kawasan Embaong Lawang, dan tahap ini kita sudah sampaikan bahwa konsep kawasan emabaong lawang sudah kita rencankan menjadi simpul regional, kawasan pusat pemerintahan, industri, perkantoran, pergudangan dan logistik serta kawasan wisata yang berbasis religi dan juga wisata alam.” Ujarnya.

    Dari hasil beberapa konsep perencanaan yang di sampaikan tersebut, Bupati Sanggau menyambut baik terhadap pengembangan kawasan Embaong Lawang tersebut.

    “Kalau memang seperti yang dikatakan tadi bahwa kawasan ini akan dijadikan simpul regional, berarti itu sebuah rencana besar yang sudah terlihat. Mimpi saya juga untuk di daerah Desa Lape, itu sudah kita survei dan ada satu wilayang yang cocok untuk lapangan terbang. Karena berdasarkan keputusan Presiden terkait dengan pindahnya Ibu Kota Negara di Kalimantan, tentu itu akan berdampak untuk kesiapan nya, terutama untuk di wilayah-wilayah Ibu Kota Kabupaten di Kalimantan. Berkaitan dengan kawasan industri, untuk daerah Embaong itu sebenarnya sudah ada beberapa industri, hingga ke seberang nya ada PT. Erna, dan di Kayu Tunu juga.”

    “Untuk kawasan Embaong hingga ke seberangnya saya rasa itu sangat strategis untuk di bangun kawasan wisata yang berbasis religi, kita bicarakan disini tidak hanya di sisi sebelah kapuas, tetapi ini keseluruhan hingga keseberang, dan mungkin barang kali nanti bisa kita bagun jembatan, dan sungai kapuas bisa kita jadikan wisata, karena untuk Kab. Sanggau ini salah satu yang bisa kita jual menjadi daya tarik itu Sungai Kapuas.” Ujar Paolus Hadi.

    Berdasarkan hasil rapat tersebut, seluruh peserta rapat sudah menyepakati konsep perencanaan yang di tuangkan di dalam berita acara untuk konsep rencana sampai indikasi program serta zonasinya.

    Penulis: Izar




    Like it? Share with your friends!