Penanaman Perdana Peremajaan Sawit Rakyat Oleh Bupati Sanggau Seluas 101,75 Ha KUD Sinar Mulia


  • Senin, 27 Januari 2020
  • 21:16 WIB
  • Penanaman Perdana Peremajaan Sawit Rakyat Oleh Bupati Sanggau Seluas 101,75 Ha KUD Sinar Mulia

    Penanaman Perdana Peremajaan Sawit Rakyat Oleh Bupati Sanggau Seluas 101,75 Ha KUD Sinar Mulia

    //DISKOMINFO-SGU//

    SANGGAU,dilaksanakan kegiatan penanaman perdana peremajaan sawit rakyat (PSR) di KUD Sinar Mulya, Penyeladi Hidir Kec.Kapuas (27/01/2020) 09:00 WIB.

    Hadir pada pelaksaan itu Bupati Sanggau Paolus Hadi S.IP M.Si, Kepala Dinas Perkebunan dan Perternakan Kab.Sanggau H.Safriansyah,SP,MM, Ketua KUD Sinar Mulya H.Zaeni, Seketaris Desa Penyeladi Hilir Tomi, beserta kepala OPD dan Masyarakat Desa Penyeladi Hilir.

    Kepala Dinas Perkebunan dan Perternakan Kab.Sanggau dalam sambutanya menyampaikan tahun 2019 luas tanam kelapa sawit di Kab.Sanggau dengan total luas kebun perusahaan 264.625 Ha pada 41 perusahaan, total luas kebun petani 128.227 Ha (48.25) dengan jumlah petani perkebunan 58.899 KK, total luas tanaman tua kelapa sawit 28.026 Ha, jumlah produksi TBS 2.078.545 TON/Tahun. Namun jika dilihat dari produksinya masih rendah yaitu TBS baru mencapai sebesqar 9.900 Kg/Ha/Tahun dan CPO 2.071 Kg/Ha/Tahun di bandingkan dengan produktifitas nasional CPO 4.000 Kg/Ha/Tahun.

    Rendahnya produktifitas tanaman kelapa sawit di Kab.Sanggau antara lain kurang optimalnya kebun petani belum menerapkan pola budidaya yang baik dan benar (good agriculture practices/gap), pengunaan benih kelapa sawit yang tidak sesuai dan tidak memenuhi standar sertifikasi, tanaman kurang produktif secara teknis sudah layak untuk diremajakan. Oleh karena itu pemerintah Kab.Sanggau menyambut baik kebijakan pemerintah pusat, melalui direktorat jenderal perkebunan dengan program peremajaan kelapa sawit rakyat yang pembiyaanya berasal dari badan pengelolaan dana perkebunan kelapa sawit (BPDPKS). Melalui kebijakan ini diharapkan akan memberi banyak nilai tambah bagi penati,”Ujarnya.

    Bupati Sanggau berharap program ini di dukung oleh semua pihak yang berkompeten dan tentunya dalam pelaksaan peremajaan ini tetap berpedoman pada ketentuan, peraturan dan perundang – undangan yang berlaku. Perlu saya sampaikan bahwa Kab.Sanggau tercatat sebagai salah satu daerah sentra pengembangan kelapa sawit dengan luas kebun plasma sebesar 27.304 Ha yang tersebar di Kab.Sanggau sejak tahun 1983 – 2018 sudah memasuki umur tanaman 25 -35 tahun.

    Dari kouta luas peremajaan kelapa sawit tahun 2019 untuk Kab.Sanggau mendapat target seluas 1000 Ha dengan realisasi 1.205 Ha, dengan adanya target yang di tentukan diatas secara langsung membuktikan komitmen pemerintah Kab.Sanggau dalam kegiatan peremajaan kelapa sawit, oleh karena itu saya meminta para petani memanfaatkan dana ini dengan sebaik – baiknya, gunakan dana yang diberikan ini semaksimal mungkin untuk peremajaan dan jangan disalah gunakan,”tegasnya.




    Like it? Share with your friends!