PANEN RAYA JAGUNG POKTAN TANAM TUMBOH DESA BAGAN ASAM DUSUN MODANG KEC. TOBA


  • Selasa, 4 Februari 2020
  • 17:20 WIB
  • PANEN RAYA JAGUNG POKTAN TANAM TUMBOH DESA BAGAN ASAM DUSUN MODANG KEC. TOBA

    PANEN RAYA JAGUNG POKTAN TANAM TUMBOH DESA BAGAN ASAM DUSUN MODANG KEC. TOBA

    //IZAR-DISKOMINFO SANGGAU//

    SANGGAU, Dilaksanakannya Panen Raya Jagung Poktan Tanam Tumboh Desa Bagan Asam Dusun Modang, Kec. Toba, Selasa, 4 Februari 2020. Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si., Staff Ahli Bupati Bidang II Ignasius Iriyanto, S.Sos., M.Si., Camat Toba Adi Susanto, Pj. Kades Bagan Asan Mbal, S.Pd., Kapolsek Toba yang diwakili,, Danramil Toba Kapt. Inf Bustamin, Kepala OPD Kab. Sanggau, Anggota DPRD, serta Poktan Tanam Tumboh.

    Kedatangan Wabup Sanggau beserta rombongan d sambut dengan hangat oleh masyarakat Dusun Modang dan Poktan Tanam Tumboh. Sesampainya Beliau di lokasi, para Poktan langsung mengajak Wabup beserta rombongan menuju lahan jagung yang sudah siap untuk di panen.

    Jagung yang berhasil di panen sebanyak 7,6 Ton ini merupakan jagung hibrida yang siap untuk di jual ke perusahaan-perusahaan untuk di olah kembali. Saat ini hanya 1/4 jagung dari 2 Hektar luas lahan tanaman jagung milik Poktan Tanam Tumboh yang sudah bisa di panen.

    Poktan Tanam Tumboh mengatakan bahwa lahan jagung mereka sempat mengalami kegagalan di awal penanaman.

    “Selama poktan ini berdiri di bulan Juni tahun lalu, kami sempat mengalami kegagalan. Salah satu penyebabnya yaitu pupuk yang kami gunakan memiliki kualitas yang kurang baik, bahkan kekurangan. Setelah itu kembali mengajak teman-teman anggota kelompok untuk kembali menghidupkan jagung ini, kami berupaya sedemekian rupa, akhirnya pada hari ini kita berhasil melakukan panen perdana.” Ujarnya.

    Mendengar hal tersebut, Kepala Dinas Pertanian Ir. H. John Hendri, M.Si, mengatakan, untuk kedepan mereka siap untuk membantu beberapa alat panen, pupuk serta bibit demi kemajuan poktan tanam tumboh.

    “Hari ini kita bersama-sama melaksanakan panen raya jagung hibrida di dusun modang, desa bagan asam, yang mana ini merupakan panen perdana bagi Poktan Tanam Tumboh. Tentunya komuditi jagung ini sedang kita kembangkan, sesuai visi misi kami, ada 5 fokus kita dalam pengembangan pertanian di Kab. Sanggau, yaitu padi, jagung, cabe rawit, ubi kayu dan bwang merah. Untuk Poktan Tanam Tumboh, mengalami beberapa kendala dan masalah, kita usahakan akan membantu, seperti mesin panen, pupuk dan bibit, namun memang semuanya perlu waktu, karena untuk saat ini barang-barang yang dibutuhkan itu belum ada, ketika sudah ada nanti, pasti akan kami infokan. Harapan saya, Kab. Sanggau bisa menjadi salah satu penyuplay jagung hibrida ini untuk perusahaan-perusahaan luar, sangat baik jika tadi di katakan sempat gagal, namun masih berupaya untuk menanam kembali, sehingga jagung ini bisa menjadi peluang besar untuk meningkatkan ekonomi poktan di sini.” Ungkapnya.

    Wabup Sanggau juga mengucapkan selamat kepada Poktan Tanam Tumboh karena pada hari ini merupakan panen perdana bagi Poktan tersebut.

    “Saya minta ini untuk tetap di kembangkan terus, untuk para poktan, jika gagal, terus berusaha bagaimana agar jagung-jagung ini bisa berhasil. Untuk pupuk dan perawatan nya mohon di perhatikan, di atur sedemikian rupa. Semakin baik jagung yang dihasilkan maka semakin besar peluang yang dihasilkan. Saran saya semakin di luaskan lahan tani nya ini, sehingga semakin banyak jagung yang dihasilkan. Saya ucapkan selamat kepada poktan Tanam Tumboh ini, khususnya kepada ketua, Pak Hermanto, jika kita lihat Pak Hermanto ini spesial, dengan keadaan yang begini beliau memiliki semangat untuk menggerakkan semua rekan-rekan poktan, sehingga pada hari ini kita bisa panen jagung dengan jumlah yang cukup besar, yaitu 7,6 ton.” Ucapnya.

    Penulis: Izar




    Like it? Share with your friends!