MUSRENBANG RKPD KABUPATEN SANGGAU TAHUN 2021 DI KEC. TAYAN HULU


  • Selasa, 11 Februari 2020
  • 13:11 WIB
  • MUSRENBANG RKPD KABUPATEN SANGGAU TAHUN 2021 DI KEC. TAYAN HULU

    MUSRENBANG RKPD KABUPATEN SANGGAU TAHUN 2021 DI KEC. TAYAN HULU

    //IZAR-DISKOMINFO SANGGAU//

    SANGGAU, Dilaksanakannya Kegiatan Musrenbang RKPD Kab. Sanggau Tahun 2021 di Kec. Tayan Hulu, dengan tema “Peningkatan Pelayanan Publik Pada Aspek Kesejahteraan Rakyat Melalui Pemerataan Ekonomi, Pertumbuhan PDRB dan Kesejahteraan Sosial Berlandaskan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”, bertempat di Aula Yayasan Cahaya Kemuliaan Sosok, Selasa (11/2/2020) Pukul 9:00 Pagi.

    Hadir pada kegiatan tersebut Staff Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Rizma Aminin, S.IP., M.Si., Camat Tayan Hulu Miko Martoyo, Forkopimcam Tayan Hulu, Ketua DRPD Kab. Sanggau Jumadi, S.Sos., Wakil Ketua DPRD Kab. Sanggau Timotius Yance beserta 3 Anggota Dewan, Unsur OPD Kab. Sanggau, Seluruh Kades Kec. Tayan Hulu, Seluruh Kepala BPD Kec. Tayan Hulu.

    Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Kecamatan merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat kecamatan untuk mendapatkan informasi dan masukan program kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang tingkat Desa/Kelurahan di Kecamatan.

    Dalam sambutannya Camat Tayan Hulu meminta kepada seluruh Kepala Desa yang ada di Kecamatan Tayan Hulu untuk aktif berdiskusi kepada Kepala OPD dan Anggota Dewan yang telah hadir.

     

    “Hari ini kita merencanakan 1 tahun kedepan masalah pembangunan yang ada di Kecamatan Tayan Hulu. Tadi Pak Staf Ahli Bupati rencananya mau melihat bagaimana kondisi kantor kita yang masih terhambat pembangunannya. Berkaitan dengan itu, saya minta kepada seluruh Kades yang hadir disini, untuk bisa saling aktif berdiskusi mengenai pembangunan desanya, sehingga manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya karena hari ini kita bersyukur untuk OPD bisa hadir semua dan juga spesial Ketua DPRD Kab. Sanggau turut hadir disini.” Ujarnya.

    Terkait hal tersebut, Bupati Sanggau yang diwakili Staf Ahli Bidang I menyampaikan 20 yang menjadi prioritas kebijakan pembangunan untuk tahun 2021.

    “Sesuai dengan tema pembangunan Kab. Sanggau tahun 2021, maka arah kebijakan pembangunan Kab. Sanggau tahun 2021 di perioritaskan beberapa hal, diantaranya:

    1. Membangun dan memantapkan infrastruktur yang berkualitas meliputi pembangunan sarana dan prasarana Jalan, Jembatan, Perhubungan Darat dan Telekomunikasi serta infrastruktur pendukung lainnya dengan tetap memperhatikan ruang terbuka hijau berdasarkan tujuan pembangunan berkelanjutan.
    2. Meningkatkan kesadaran dan kapasitas pemerintah daerah, pihak swasta dan masyarakat terhadap lingkungan hidup.
    3. Menyediakan rencana detail tata ruang (RDTR) yang berkualitas sebagai acuan perizinan dan pengendalian pemanfaatan ruangan.
    4. Meningkatkan akses layanan pendidikan dasar.
    5. Memperkuat gerakan masyarakat hidup sehat.
    6. Meningkatkan efektivitas penyaluran bantuan sosial yang akuntabel dan transparan.
    7. Peningkatan pemenuhan hak anak secara universal serta perlindungan anak dari tindak kekerasan, ekspoitas, penelentaran dan perlakuan salah lainnya.
    8. Meningkatkan produksi pertanian dengan optimalisasi lahan pertanian berkelanjutan.
    9. Meningkatkan kualitas pelayanan perizinan kepada calon investor melalui pelayanan perizinan terpadu satu pintu.
    10. Meningkatkan kualitas pemuda dengan menyelenggarakan pelayanan kepemudaan yang terintegrasi untuk menumbuhkan wirausaha muda.
    11. Meningkatkan pengakuan terhadap masyarakat adat dan hutan adat.
    12. Mengingatkan ketersediaan pangan hasil pertanian.
    13. Meningkatkan kualifikasi, kompetensi, kinerja dan disiplin aparatur sipil negara.
    14. Meningkatkan kreatifitas pelaku seni dan budaya.
    15. Meningkatkan pemahaman, pengalaman, dan penghayatan nilai agama.
    16. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya memelihara ketentraman, ketertiban dan keamanan lingkungan.
    17. Meningkatkan kapasitas masyarakat untuk kesiapsiagaan menghadapi bencana.
    18. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa menuju desa mandiri dengan mengedepankan budaya gotong royong.
    19. Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemanfaatan dana desa.
    20. Meningkatkan koordinasi dengan segenap pemangku kepentingan pengelola perbatasan antarnegara dalam rangka pemenuhan pelayanan dasar.

    Untuk itu saya harap kita semua bekerja cepat menyusun program kegiatan perencanaan pembangunan daerah berbasis Sistem Informasi Pemerintah Daerah.” Sampainya.

    Selanjutnya diskusi dan tanya jawab yang di pimpin oleh Camat Tayan Hulu.

    Penulis: Izar




    Like it? Share with your friends!