KUNJUNGAN TIM EVALUASI KINERJA PELAYANAN PUBLIK DI RSUD M.TH.DJAMAN KAB.SANGGAU Tahun 2019


  • Senin, 14 Oktober 2019
  • 14:37 WIB
  • KUNJUNGAN TIM EVALUASI KINERJA PELAYANAN PUBLIK DI RSUD M.TH.DJAMAN KAB.SANGGAU Tahun 2019

    Rabu, tanggal 31 Juli 2019, RSUD M.TH.DJAMAN menerima kunjungan dalam rangka Pemantauan dan Evaluasi kinerja pelayanan publik. Tim Pemantauan dan evaluasi Kinerja Pelayanan Publik adalah dari Kedeputian Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. Di tahun 2019 ini RSUD M.TH.Djaman bersama beberapa OPD lain masih terpilih ikut dievaluasi.

    Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan oleh Tim, diperoleh beberapa pernyataan sebagai berikut:

    1. Komponen Kebijakan Pelayanan
    • Standar pelayanan (SP) : SP telah disusun, dibuat dan terpasang terpublikasi di unit pelayanan dan website RSUD M.Th.Djaman untuk 13 jenis layanan dan telah ditetapkan dengan SK Direktur
    • Maklumat pelayanan : telah dipublikasikan di unit pelayanan dan website rumah sakit. Maklumat pelayanan telah di tetapkan dengan SK Direktur
    • Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) : untuk pengukuran SKM telah sesuai mengacu kepada Pedoman PermenPAN dan RB No 14 Tahun 2017. Disarankan oleh Tim bahwa untuk pengukuran SKM perlu ditambahkan komponen sarana dan prasarana.
    1. Profesionalisme SDM
    • Kompetensi pegawai : RSUD M.Th.Djaman telah berkesinambungan melakukan upaya pengembangan SDM untuk meningkatkan kompetensi para pegawai baik medis maupun non medis, salah satunya dengan selalu merencanakan dan melaksanakan kegiatan inhouse training dengan diikuti seluruh SDM RS.
    • Kode Etik Budaya Pelayanan : kode etik telah ditetapkan melalui SK Direktur, tetapi disarankan oleh TIM untuk kode etik yang telah disusun dapat dipublikasikan di tiap unit pelayanan dan d website RS.
    1. Sarana Prasarana

    Berdasarkan hasil pengamatan TIM, diperoleh beberapa saran untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana RS, att:

    • Dibuat tempat parker khusus disabilitas dengan dilengkapi petugas yang SIGAP membantu pasien difabel
    1. Sistem Informasi Pelayanan Publik
    • Website RSUD M.Th.Djaman telah aktif meskipun masih menginduk milik Pemda Sanggau. Disarankan oleh Tim untuk mengaktifkan media social seperti facebook, Instagram, twitter untuk meliput informasi terkait pelayanan rumah sakit.
    1. Konsultasi dan pengaduan

    Informasi mengenai konsultasi dan pengaduan di RSUD M.Th.Djaman telah terkoordinir, tetapi disarankan untuk dibuat laporan tindak lanjut pengaduan/keluhan pasien yang dibuat dalam bentuk dokumen.

    1. Inovasi

    Diharapkan RSUD M.Th.Djaman menampilkan inovasi yang diikutkan dalam kompetisi pelayanan public yang diadakan oleh Menpan RB.

     

    Redaksi: Atik Nurkhasanah, SKM.,MPH


    Like it? Share with your friends!