Kegiatan Pembinaan Desa Fokus di Desa Noyan, Kecamatan Noyan


  • Jumat, 14 Agustus 2020
  • 20:23 WIB
  • Kegiatan Pembinaan Desa Fokus di Desa Noyan, Kecamatan Noyan

    DISPEMDES KAB. SANGGAU- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sanggau melaksanakan kegiatan Pembinaan Desa Fokus di Desa Noyan Kecamatan Noyan, Kamis (13/8/2020) bertempat di Gedung Serba Guna Eks PNPM Mandiri Desa Noyan.

    Hadir dalam kegiatan tersebut Kasi Pembangunan Desa, Pilo, SE, Kasi Evaluasi Perkembangan Desa, Atsumi, SP, Staf Bidang pengembangan Desa, M. Suparman, dalam kegiatan ini, diikuti oleh Kepala Desa Noyan berserta aparatur desa dan PLD, kegiatan ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

    Kasi Pembangunan Desa, Pilo dalam penyampaiannya mengatakan, dalam pembinaan desa fokus kali ini, itervensi terkait dengan peningkatan status Desa Noyan yang masih berstatus desa berkembang. Oleh sebab itu, Pemerintah desa noyan perlu untuk meningkatkan lagi status desanya menjadi maju dan mandiri”, jelas Pilo.

    “Oleh karena itu, sinergi harus terus dilanjutkan dan ditingkatkan, sehingga status desa sangat tertinggal dan desa tertinggal tidak ada lagi. Semuanya sudah naik menjadi desa berkembang, maju dan desa mandiri,” kata Pilo

    Sementara itu, Kasi Evaluasi Perkembangan Desa, Atsumi, SP dalam penyampaiannya mengatakan, penilaian Indeks Desa Membangun (IDM) ada tiga komponen, yaitu: Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi, dan Indeks ketahanan Lingkungan.

    Atsumi menambahkan, didalam rencana jangka panjang menengah Bupati Sanggau salah satunya adalah, untuk mewujudkan kemandirian desa. sampai tahun 2024 target desa mandiri di Kabupaten Sanggau 43 desa. Oleh sebab itu, salah satu kegiatan desa fokus ini supaya pembangunan difokuskan di desa yang sudah ditetapkan menjadi desa fokus yang pada akhirnya desa tersebut bisa menjadi desa mandiri”, pungkas atsumi.