HUT Ke-62 Pemprov Kalbar, Kita Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Berkualitas Menuju Kalbar Sejahtera Dan Berdaya Saing


  • Senin, 28 Januari 2019
  • 10:37 WIB
  • HUT Ke-62 Pemprov Kalbar, Kita Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Berkualitas Menuju Kalbar Sejahtera Dan Berdaya Saing

    //DISKOMINFO-SGU//

    SANGGAU – Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat, dengan mengusung tema: “Dengan semangat HUT ke-62 Pemerintah Provinsi Kalbar, kita wujudkan tata kelola Pemerintahan yang berkualitas menuju Kalimantan Barat sejahtera dan berdaya saing” , Senin pagi (28/1/2019) pukul 07.30 WIB.

    Pembina Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si, serta hadir Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot, M.Si, Sekda Sanggau A.L.Leysandri, SH, Kapolres Sanggau AKBP.Imam Riyadi, S.IK, MH, Dandim Sanggau Letkol Inf Herry Purwanto, S.Sos, Kepala BNN Sanggau AKBP Ngatiya, SH, MH, Kepala Kantor Kemenag Sanggau H.M.Taufik, Kepala Kejari Sanggau atau yang mewakili, Ketua KONI Sanggau Ibrahim, Ketua KPU Sanggau Sekundus Ritih, SE, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sanggau H.Roni Fauzan, SE, M.Si, Asisten Administrasi Setda  SanggahJoni Irwanto, S.IP, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Perwakilan dari Perbankan Sanggau, Anggota TP-PKK Sanggau, Anggota GOW Sanggau, Anggota DWP Sanggau, Anggota Persit Sanggau, Para Kades/Lurah, Anggota Polri dan TNI Sanggau, serta seluruh ASN dan Tenaga Kontrak di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau.

    Pada saat amanat Bupati Sanggau selaku Pembina Upacara membacakan Sambutan Gubernur Kalbar H.Sutarmidji, SH, M.Hum yaitu “Capaian pembangunan hingga saat ini merupakan proses yang berkelanjutan, oleh karena itu kewajiban kita adalah melanjutkan dan meningkatkan kualitas pembangunan itu dalam semua aspek. Sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Provinsi Kalbar 2019-2024, maka dalam perayaan HUT ke-62 Pemerintah Provinsi Tahun 2019 mengangkat tema “Dengan semangat HUT ke-62 Pemerintah Provinsi Kalbar, kita wujudkan tata kelola Pemerintahan yang berkualitas menuju Kalimantan Barat sejahtera dan berdaya saing”. Tata kelola Pemerintahan yang berkualitas adalah cara menyelenggarakan Pemerintahan dengan prinsip-prinsip dasar penyelenggaraan Pemerintahan yang baik (Good Governance) dengan empat indikator terpenting yaitu: Transparansi, Partisipasi, Akuntabilitas dan Koordinasi.  Adapun maksud dengan prinsip Transparansi yaitu suatu prinsip bahwa dalam mengelola/menjalankan Pemerintahan bersifat terbuka dengan harapan, informasi dapat diakses oleh pihak luar, masyarakat, pelaku usaha, maupun instansi Pemerintah lainnya baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. selanjutnya indikator tata kelola Pemerintahan yang berkualitas, adalah tingkat Partisipasi masyarakat. Pemerintah Daerah sangat menyadari bahwa dalam melaksanakan pembangunan tidak akan bisa dilaksanakan sendiri, namun memerlukan partisipasi aktif dari berbagai pihak dalam komponen masyarakat Kalbar. Indikator ketiga yaitu Akuntabilitas dimaknai sebagai suatu bentuk pertanggungjawaban atas berbagai aktivitas penyelenggaraan Pemerintahan yang menjadi tanggungjawab dari setiap instansi Pemerintah. Indikator keempat yaitu Koordinasi diartikan bahwa dalam melaksanakan sub urusan Pemerintahan dari masing-masing perangkat daerah adalah memastikan kepentingan bersama, para pelakunya telah memiliki kesamaan pandangan. Oleh karena itu, pada momen HUT ke-62 Pemprov Kalbar, saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk secara bersama meningkatkan daya saing melalui peran dan kapasitas kita masing-masing.”(Sambutan Gubernur Kalbar)

    ”Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau mengucapkan selamat HUT Pemerintah Provinsi Kalbar ke-62, semoga Kalbar maju dan sejahtera. Tentu juga perlu dorongan dari Kabupaten/Kota dan salah satunya Kabupaten Sanggau untuk mendorong berbagai hal, sehingga menjadi bagian penting demi kemajuan Kalbar.” (Ujar Bupati Sanggau)

    “Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Para Kepala Desa atas pelunasan tepat waktu Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Tahun Pajak 2018. Yang mana dari 163 Desa yang ada di Kabupaten Sanggau, hanya 33 Desa yang melunaskan tepat waktu pajak bumi dan bangunan tersebut. Semoga Desa-desa yang lain bisa mengambil contoh dari 33 Desa yang sudah melunaskan tepat waktu pajak bumi dan bangunan, karena ini merupakan dari kita oleh kita untuk kita, maka Pemerintah antusias untuk mendukung dan support terus, untuk mendukung pembangunan perdesaan.” (Sambungnya)

    Penyerahan piagam penghargaan oleh Bupati Sanggau kepada instansi yang ada di Kabupaten Sanggau sebagai unit penyelenggara pelayanan publik kategori baik tahun 2018.

    Penyerahan piagam penghargaan oleh Bupati Sanggau atas pelaksanaan pelunasan tepat waktu Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Tahun Pajak 2018 kepada 33 Kepala Desa.

    Penyerahan piala penghargaan oleh Bupati Sanggau kepada Sekolah Adiwiyata Kabupaten Sanggau Tahun 2018, yaitu Sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

    Penulis         : Alfian

     


    Like it? Share with your friends!