Hasil Bedah Rumah Swadaya Desa Pedalaman, Tayan. Penerima Haru, Sebelumnya Hampir Roboh, Sekarang Jadi Permanen


  • Selasa, 21 April 2020
  • 13:51 WIB
  • Hasil Bedah Rumah Swadaya Desa Pedalaman, Tayan. Penerima Haru, Sebelumnya Hampir Roboh, Sekarang Jadi Permanen

    radarkalbar.com, TAYAN HILIR- “Sampai meninggal dunia pun, saya tak mampu membalas jasa bapak-bapak semuanya ini. Sehingga rumah saya yang sudah mau roboh bisa dibangun seperti ini,” ungkap Yuliana, dengan suara terbata-bata haru campur sedih, saat seremoni penyerahan kunci rumahnya yang rampung “dibedah” secara swadaya, Selasa (21/4/2020).

    Spontan, semua yang menghadiri seremoni singkat penyerahan kunci kepada wanita yang akrab disapa Su Ayang itu menundukan kepala dengan mimik haru.

    Rumah Su Ayang ini berada di Dusun Tanjung, Desa Pedalaman, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau. Tepatnya sekitar 100 meter dari ujung Tanjung yang menjorok ke Sungai Kapuas dan Sungai Tayan.

    Su Ayang ini seorang janda parobaya dengan seorang anak. Selama ini menafkahi dirinya dengan bekerja serabutan.

    Saat itu, Su Ayang menambahkan hanya Allah bisa membalas semua jasa-jasa donatur yang telah menyumbangkan material dan uang. Hingga rumahnya rampung dan layak untuk dihuni.

    “Saya hanya bisa berdoa, Allah bisa membalas semua kebaikan dan kemurahan hati bapak-bapak semua,” ujarnya ikhlas.

    Hadir saat prosesi penyerahan kunci tersebut, Sekretaris Kecamatan Tayan Hilir, Akhmad Surgama SE ME, Kasi Tapem, Utin Tinawati, Kades Pedalaman, Sunarto, mantan Bhabinkamtibmas Desa Pedalaman, Aipda Budi Nuryantono (pindah ke Polsek Toba), Bhabinkamtibmas Desa Pedalaman, Bripka Ishaq, perwakilan Koramil 1204-07 Tayan Hilir, Serda A Farouk, Ketua BPD Pedalaman, Rudianto, Agus Darmawan (pengusaha), pengurus Bumdes Pedalaman, para tokoh masyarakat, para Kawil di Desa Pedalaman serta berbagai unsur lainnya.

    Kepala Desa Pedalaman, Sunarto mengatakan semua itu terwujud karena gotong royong dan kebersamaa. Semula bedah rumah itu rampung pada bulan puasa. Namun, hasilnya sangat memuaskan, dan bisa tuntas sebelum puasa.

    ” Ini berkat gotong royong, semuanya bisa tuntas. Nah, bedah rumah ini buktinya. Dan semangat gotong royong ini masih sangat kental di Dusun Tanjung ini,” ujarnya.

    Ditambahkan, semula bedah rumah ini di Desa Pedalaman pada tahun 2020 direncanakan dua unit. Hanya saja, karena kondisi pandemi COVID-19. Maka niat itu diurungkan dulu.

    “Awalnya kita rencanakan dua unit di tahun 2020 ini. Kita bedah rumah swadaya. Cuma kondisi,maka kita tunda dulu,” jelasnya.

    Ia mengucapkan terima kasih kepada semua
    donatur yang telah berpartisipasi pada bedah rumah itu.

    Sementara, Kepala Wilayah Tanjung, Heroni menambahkan semua material maupun dana yang berhasil dikumpulkan terserap semua. Sehingga bangunan rampung.

    “Untuk dana yang terkumpul dan material sesuai alokasi. Dan rumah rampung 100 persen. Saya ucapkan terima kasih kepada semua donatur yang tak bisa disebutkan satu persatu,” ujar pria yang akrab disapa Cu Ani ini.

    Diketahui, program bedah rumah swadaya ini diinisiasi Kades Pedalaman, Sunarto, Ketua BPD Rodianto, Bumdes Pedalaman, Bhabinkamtibmas Tayan Hilir, Aipda Budi Nuryantono (sudah pindah ke Polsek Toba), Babinsa Koramil 1204/07 Tayan Hilir, Serda Rudiansyah, pengusaha Agus Darmawan, Ari Yusman, Manager CSR/ER PT ICA Heri S Sos, Mawan, Halidin.

     

    Berikut poto-poto seremoni penyerahan kunci bedah rumah :

     

     

    Baca juga

     

     

     

     

     

    Pewarta : Tim liputan.
    Editor/uploader : admin radarkalbar.com


    Like it? Share with your friends!