Forum Sabang Merah Kelurahan Bunut Gelar Dialog Tematik Keserasian Sosial Dalam Rangka Mencegah Konflik Sosial Di Sanggau


  • Selasa, 27 Oktober 2020
  • 17:49 WIB
  • Forum Sabang Merah Kelurahan Bunut Gelar Dialog Tematik Keserasian Sosial Dalam Rangka Mencegah Konflik Sosial Di Sanggau

    //DISKOMINFO-SGU//

    SANGGAU – Digelar sosialisasi dan dialog tematik keserasian sosial berbasis masyarakat dalam rangka mencegah konflik sosial di Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau. Kegiatan dilaksanakan di Aula Bapenda Sanggau, Selasa (27/10/2020).

    Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalbar, Golda Marganda Purba, Pelindung Forum KS Sabang Merah Kelurahan Bunut, Ny. Arita Apolina, S.Pd, M.Si, Sekcam Kapuas, Lurah Bunut dan para Ketua RT se-Kelurahan Bunut.

    Dalam kesempatan tersebut Pelindung Forum KS Sabang Merah Kelurahan Bunut, Ny. Arita Apolina menyampaikan bahwa Program Keserasian Sosial merupakan salah satu program Kementerian Sosial RI dalam penanganan masalah konflik sosial.

    “Tujuan dari program tersebut adalah untuk menciptakan suatu tatanan kehidupan sosial yang serasi dan harmonis dilandasi oleh nilai dasar kebersamaan, toleransi, saling menghargai dan menghormati, sehingga dapat membangun, memantapkan dan mengembangkan serta memelihara kembali kehidupan bersama di antara anggota masyarakat. Di Kelurahan Bunut Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau telah dibentuk Forum Keserasian Sosial “Sabang merah”,” ujarnya Arita Apolina.

    Ia juga katakan bentuk kegiatan dari Forum Keserasian Sosial Sabang Merah di Kelurahan Bunut ini berupa kegiatan fisik yaitu pembangunan aula terbuka dan kegiatan non fisik yaitu pertemuan tematik yang melibatkan unsur-unsur dalam masyarakat khususnya di Kelurahan Bunut Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau.

    “Diharapkan pelaksanaan program Keserasian Sosial ini dapat berjalan secara maksimal dan bermanfaat baik bagi pelaku konflik maupun bagi masyarakat di lingkungan sekitar.

    Arita Apolina selaku Pelindung Forum KS Sabang Merah Kelurahan Bunut berharap dan berkeinginan kedepan peran masyarakat sangat diperlukan untuk mencegah konflik sosial yang terjadi khususnya di Kelurahan Bunut Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau,” tuturnya.

    Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalbar, Golda Marganda Purba menyampaikan terkait keserasian sosial sebagai strategi mencegah konflik sosial.

    “Keserasian sosial ini merupakan salah satu program dari Kemneterian Sosial RI dalam penanganan konflik sosial yang bertujuan menciptakan suatu tatanan kehidupan sosial yang serasi dan harmonis yang dilandasi nilai kebersamaan, toleransi, saling menghargai dan menghormati sehingga dapat membangun, memantapkan serta mengembangkan dan memelihara kembali kehidupan bersama diantara anggota masyarakat,” jelas Kadis Sosial Provinsi Kalbar, Golda Marganda Purba.

    Golda Marganda Purba juga sampaikan bentuk kegiatannya dapat berupa kegiatan fisik dan non fisik.

    “Kegiatan fisik seperti pembuatan sarana jalan kampung, kemudian rehabilitasi sarana ibadah, pembuatan lapangan olahraga, rehabilitasi saluran air lingkungan, pengadaan air bersih, pembuatan sarana penerangan lingkungan dan pembuatan tugu keserasian sosial,” jelasnya.

    Ia juga jelaskan apa saja yang menjadi nilai-nilai yang terkandung dalam keserasian sosial?.

    “Nilai-nilainya yakni; keseimbangan, keselarasan dan keharmonisan. Artinya kegiatan keserasian sosial dapat dilakukan untuk mewujudkan semua kehidupan kebersamaan yang selaras, seimbang dan harmonis. Sehingga terwujudnya masyarakat yang damai,” ujarnya.

    Kadis Sosial Provinsi Kalbar juga katakan untuk selanjutnya yakni mutualitas artinya keserasian sosial akan terpelihara bila mana kegiatan yang dilaksanakan merupakan kesepakatan bersama, tidak merugikan satu pihak dan saling menguntungkan.

    “Kemudian ada asas kesetaraan, artinya setiap kegiatan keserasian sosial didasarkan kepada non diskriminasi, tidak berprasangka dan menghindarkan diri. Setiap pihak mempunyai kedudukan yang sama pada setiap proses, ide dan gagasan,” ujarnya.

    Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sanggau, Golda Marganda Purba didampingi Pelindung Forum KS Sabang Merah Kelurahan Bunut, Ny. Arita Apolina melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Aula Forum Sabang Merah Kelurahan Bunut di Antong Ngelayan Keluarga di Komplek Sabang Merah Sanggau.

    Penulis         : Alfian




    Like it? Share with your friends!