DISKUSI PUBLIK DUKUNGAN PEMDA DALAM PENGEMBANGAN LAYANAN SIARAN DIWILAYAH PERBATASAN


  • Senin, 11 Desember 2017
  • 15:51 WIB
  • DISKUSI PUBLIK DUKUNGAN PEMDA DALAM PENGEMBANGAN LAYANAN SIARAN DIWILAYAH PERBATASAN

    RRI Korwil Nusantara IX – Pemerintah Kabupaten Sanggau

    //DISKOMINFO – SGU//

    SANGGAU, Kegiatan diskusi publik dalam dukungan Pemda dalam pengembangan layanan siaran diwilayah perbatasan bertempat aula Bappeda Kabupaten Sanggau, Senin (11/12).

    Tampak hadir dalam diskusi publik ini Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP,M.Si selaku narasumber, Dewan Pengawas LPP RRI Dra. Dwi Hernuningsih, M.Si selaku narasumber, RRI Korwil IX Sofrani Razak, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau Ir.Yulia Theresia dan perwakilan dari setiap Kepala OPD Kabupaten Sanggau.

    Sambutan Dewan Pengawas LPP RRI mengenai kebijakan RRI saat ini “Komitmen RRI adalah melayani seluruh masyarakat Indonesia dalam siaran dan hiburan sehat dalam membangun citra bangsa, Dalam lingkup perbatasan darat RRI di Entikong pertama kali dibangun, karena dengan padatnya jumlah penduduk disini menjadi prioritas utama. RRI sekarang memiliki 27 radio yang berada diwilayah perbatasan. Di Kalbar ini meliputi dua perbatasan yaitu Negara Malaysia dan Brunei. Khusus Kab.Sanggau kami sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati Sanggau karena untuk memperkuat siaran ini tidak terlepas atas dukungan Pemerintah Daerah Sanggau sehingga bisa menyiarkan informasi sampai ke pedesaan Kab. Sanggau dan masyarakat Sanggau bisa menerima informasi yang mencerahkan dan mendidik. (Ujarnya)

    Sambutan Bupati Sanggau “Sejauh ini dengan adanya RRI Kab.Sanggau sangat terbantu informasi maupun berkaitan dengan informasi dimasyarakat tersebut, di Sanggau juga mempunyai teman Radio Swasta yaitu Radio Daranante dan Radio Bimareksa yang bisa didengar langsung oleh masyarakat Sanggau. Kami sudah periksa diseluruh masyarakat Sanggau bahwa seluruh masyarakat Sanggau bisa menangkap siaran RRI tersebut. (Ujarnya)

    Sambutan RRI Korwil IX “Bulan Januari mendatang kita mulai berkolaborasi dengan RRI Pontianak dengan mengadakan siaran berjaringan yang ada di Kalimantan Barat, dan kami siap menyiarkan informasi sampai kedaerah-daerah. (Ujarnya)

    Sesi selanjutnya dibuka dengan pertanyaan yang diajukan peserta yang mengikuti diskusi tersebut.

    Perwakilan dari Radio Bimareksa Sanggau ”Kami sangat berharap kepada Pemerintah Daerah Sanggau supaya ada binaan dan bantuan terhadap radio swasta yang ada di Kab.Sanggau supaya radio swasta bisa terus berjalan sampai kedepan. (Ujarnya)

    Ditanggapi Bupati Sanggau “Lebih jelasnya kami arahkan ke Dinas Kominfo Kab.Sanggau supaya bisa menindaklanjuti atas radio swasta yang ada di Sanggau ini. Karena saya berharap kedepannya radio yang ada di Kab.Sanggau bisa melakukan siaran bersamaan dengan radio swasta yang ada di Kab.Sanggau untuk menginformasikan masalah pembangunan maupun hiburan, kami melalui Dinas Kominfo Kab.Sanggau dengan media ini bisa menginformasikan sebuah berita yang benar kepada masyarakat. Berbicara kebijakan Pemerintah Daerah Sanggau tentang anggaran memang terbatas, tetapi kami tetap mendukung penuh, karena kita bisa melibatkan banyak pihak untuk memperlebar komunikasi.” (Tanggapnya)

    Kembali ditanggapi Dewan Pengawas LPP RRI “Kami berharap kedepan bisa bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Sanggau  dan radio swasta yang ada di Kab.Sanggau supaya bisa membangun Kab.Sanggau yang lebih maju. Misalnya kita bisa membuat sebuah konten, terserah judulnya apa, disitu kita bekerja sama antara RRI dan Bimareksa memberikan informasi kepada masyarakat khususnya kab. Sanggau.” (Tanggapnya)

    Tanggapan Kepala Dinas Kominfo Kab.Sanggau “RRI Sanggau bersama dengan Radio Daranante yang dimana radio binaan Pemerintah Daerah Sanggau, kita terjalin kerjasama secara teknis. Dalam hal ini secara teknis memang belum berpengalaman seperti RRI, tentu kami dari Dinas Kominfo berharap kerjasama dengan baik untuk kedepan dalam hal binaan juga dalam bentuk penyiarannya. Bupati Sanggau juga sangat  berharap dengan adanya RRI Sanggau ini seluruh masyarakat bisa mendengar suatu informasi melalui corongnya RRI.” (Tanggapnya)

    Selanjutnya penyerahan plakat kepada Bupati Sanggau dan Kepala Dinas Kominfo Kab. Sanggau.

    Penulis             : Alfian

    Editor              : Izar




    Like it? Share with your friends!