Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar Adakan Bimbingan Teknis Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun di Kabupaten Sanggau


  • Jumat, 13 November 2020
  • 21:36 WIB
  • Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar Adakan Bimbingan Teknis Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun di Kabupaten Sanggau

    Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat mengadakan Bimtek PSR (peremajaan sawit rakyat) melalui dukungan dana BPDP-KS di Kabupaten Sanggau.

    Bertempat di Aula Hotel Grand Narita Sanggau, Bimtek ini dilaksanakan. Adapun pesertanya dari Dinas yang membidangi perkebunan dan Koperasi / Kelompok tani di empat Kabupaten yaitu Kabupaten Sanggau, Kabupaten Landak, Kabupaten Sekadau dan Kabupaten Melawi, (11 Nov 2020)

    Acara Bimtek ini dibuka oleh Ir. Mia Prihartini Kepala Bidang Pengembangan Tanaman dan Penyuluhan Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar didampingi oleh Estepanus Palentek, SP Kepala Bidang Pengembangan Perbenihan dan Produksi Perkebunan selaku Koordinator Tim PSR Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau, serta Asbullah Hasibuan, SP dari Pusat Penelitian Kelapa Sawit Sub Station Parindu dan Franki Rafael Mario Sirait dari PT. Bina Sawit Makmur selaku Narasumber.

    Dalam pemaparan materi yang disampaikan mengenai teknik peremajaan kelapa sawit rakyat, pemeliharaan tanaman pasca replanting, dan penyusunan Rencana Anggaran Biaya PSR untuk kebun kelapa sawit berkelanjutan.

    Selanjutnya dalam rangkaian kegiatan Bimtek ini juga seluruh peserta mengunjungi lokasi yang sedang melakukan pekerjaan tumbang chipping dan penanaman di lokasi Koperasi Unit Desa Himado di Dusun Empawek Desa Palem Jaya Kecamatan Parindu.

    Tujuan dari Bimtek ini dimaksudkan sebagai acuan dalam meningkatkan produksi dan produktivitas secara efektif dan efisien melalui pelaksanaan kegiatan peremajaan tanaman kelapa sawit pekebun agar pelaksanaannya tepat sasaran, tepat teknis, tepat biaya, tepat waktu, dan memiliki kelembagaan petani yang profesional.

    DPP

    Like it? Share with your friends!