Dinas Bunnak Melaksanakan Pembinaan Kelembagaan di UPPB


  • Sabtu, 1 Agustus 2020
  • 18:03 WIB
  • Dinas Bunnak Melaksanakan Pembinaan Kelembagaan di UPPB

    Unit Pengolahan dan Pemasaran BOKAR (UPPB) merupakan unit usaha yg dibentuk oleh gabungan kelompok pekebun sebagai tempat penyelenggaraan bimbingan teknis pekebun, pengolahan, penyimpanan sementara dan pemasaran Bahan Olah Karet (BOKAR). Di Kabupaten Sanggau telah terbentuk 2 UPPB yakni UPPB Damai Rindu di Desa Pusat Damai dan UPPB Obeng’k Pongodi di Desa Embala, berlokasi di Kecamatan Parindu. Kedua UPPB ini dibentuk Tahun 2014, dan sudah menjalankan usaha pengolahan dan pemasaran BOKAR, bahkan sudah ada kerjasama dengan perusahaan (pabrik), namun belum maksimal. Usaha ini sempat terhenti karena adanya persaingan harga dengan pedagang pengumpul (tengkulak), dimana harga yang dibeli oleh tengkulak lebih tinggi dari harga yang dibeli oleh pabrik, atau pihak pabrik membeli dengan harga yang sama antara kualitas yang bagus dan yang kurang bagus. Hal ini membuat petani yang tergabung dalam UPPB menjadi kecewa, sehingga kerjasama dengan pabrik menjadi terputus.

    Untuk itulah, pihak pemerintah dalam hal ini Dinas Bunnak berusaha memberikan solusi terbaik agar UPPB dapat berfungsi kembali dan agar dapat memberi kepastian harga yang layak kepada petani.

    Sebagai tindak lanjut pembinaan kelembagaan ini, Dinas Bunnak akan memfasilitasi pertemuan antara pihak perusahaan dengan petani (pengelola UPPB) agar terjalin kerjasama kembali sehingga tercapai kesepakatan harga yg layak dan menguntungkan petani.

     

    UPPB Damai Rindu
    UPPB Damai Rindu
    UPPB Damai Rindu
    UPPB Damai Rindu
    UPPB Obeng’k Pongodi
    UPPB Obeng’k Pongodi
    UPPB Obeng’k Pongodi

    DPP

    Like it? Share with your friends!