Dandim Sanggau panen jagung di lahan tanpa bakar


  • Selasa, 17 November 2020
  • 17:41 WIB
  • Dandim Sanggau panen jagung di lahan tanpa bakar

    Sanggau (ANTARA) – Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Affiansyah melaksanakan panen raya jagung, hasil  Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) di Dusun Mengkiang, Desa Mengkiang Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Selasa (17/11/2020).

    Hadir saat itu, pelaksana tugas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (KPTPHP) Kabupaten Sanggau, Danramil 01/ Kodim 1204 Sanggau Kapten lnf Eko Prasetyo Widodo, Kapolsek Kapuas Iptu Sukiswandi, SSD HEAD SMF Provinsi Kalbar Sunar Priyadi, SSD HEAD PT Finantara Sanggau Ali Akbar, Sekcam Kapuas Markus Tabah, Sekretaris Desa Mengkiang Sabinus Ateng, Ketua Kelompok tani Entukan Jaya Mukmin, anggota Babinsa Koramil 1204- 01 Kapuas, Bhabinkamtibmas Polsek Kapuas dan kelompok tani Desa Mengkiang.

    Dandim 1204/Sanggau, Letkol Inf Affiansyah mengaku sangat karena bisa menghadiri dan melakukan panen jagung perdana di atas lahan tanpa bakar.

    ” Bertahannya suatu wilayah dilihat dari ketahanan pangannya. Orang yang bisa menguasai pertanian akan menjadi raja. Artinya tidak perlu menunggu bantuan dari pihak lain atau pemerintah.
    Orang kaya akan datang ke sini, orang kaya akan mendatangi petani, karena pangan adalah raja,” ungkapnya.

    Jadi kata Dandim, tidak terkait atau ketergantungan dengan orang lain lagi. Bupati sebagai Kepala Daerah pun akan terus mendukung ketahanan pangan.

    “Pertanian kita dengan membuka kembali 80 hektar lahan tanpa bakar,” ujarnya.

    Dandim meminta para petani tidak ragu menanam jagung, karena potensi ekonomis jagung cukup tinggi. Ia pun meminta instansi terkait membantu petani dalam memasarkan hasil pertaniannya.

    “Hasil panen pertanian bisa di koordinasikan dengan Dinas Perindagkop. Jadi petani jangan ragu akan di ke manakan hasilnya, dan di arahkan kemana. Jadi jangan dibiarkan menumpuk,” pintanya.

    Sementara, Pelaksana tugas Dinas KPTPHP, Kubin menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan panen jagung petani, khususnya kepada Dandim 1204/Sanggau yang telah banyak membantu dan mendukung kegiatan pertanian di lahan tanpa bakar.

    “Terkait dengan PLTB ini Bupati Sanggau telah menyiapkan 80 hektar lahan untuk kita olah bersama sama. Mari kita bersama – sama meningkatkan ketahanan pangan. Kalau kita cukup makan berarti kesejahteraan kita terjaga hingga ke depan,” pungkasnya.

     




    Like it? Share with your friends!