Covid-19 Masih “Mengganas”…! PHBI Sanggau Takkan Fasilitasi Takbir Keliling dan Sholat Idul Fitri 1414 Hijriyah


  • Minggu, 25 April 2021
  • 16:00 WIB
  • Covid-19 Masih "Mengganas"...! PHBI Sanggau Takkan Fasilitasi Takbir Keliling dan Sholat Idul Fitri 1414 Hijriyah

    POTO : Sekretaris PHBI Kabupaten Sanggau, H Jufrie (IST).

    radarkalbar.com, SANGGAU – Ditengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung mereda saat ini. Maka, dipastikan tidak akan ada pawai takbir keliling dan sholat Idul Fitri 1414 Hijriyah.

    Hal ini merujuk keputusan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sanggau tidak akan memfasilitasi pelaksanaan takbir keliling dan shalat idul fitri 1442 Hijriyah seperti biasanya.

    Kepastian tersebut diperoleh setelah pengurus PHBI bersama unsur Pemkab Sanggau dan instasi terkait menggelar rapat di Kantor PHBI Sanggau, Sabtu (24/4/2021).

    Sekretaris PHBI Kabupaten Sanggau mengataan ada beberapa pertimbangan yang menyebabkan peserta rapat yang hadir waktu itu sepakat tidak memfasilitasi pelaksanaan malam takbir dan shalat Idul Fitri.

    PERTAMA mempertimbangkan Surat Edaran Menteri Agama nomor 04 tahun 2021 pada point 12 yang menyebutkan bahwa shalat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriyah dapat dilaksanakan di masjid/musholla atau di lapangan terbuka dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat, kecuali jika perkembangan Covid-19 semakin negatif atau mengalami peningkatan berdasarkan pengumuman gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 setempat.

    “Point ini memang menjadi perdebatan di dalam rapat, karena memang panitia tidak bisa memastikan apakah jamaah yang hadir nanti benar-benar patuh dengan protokol kesehatan atau tidak. Karena kondisi perkembangan Covid-19 di Sanggau akhir-akhir ini terus meningkat maka dikhawatirkan akan timbul cluster baru di acara PHBI nantinya,” ungkap Jufrie.

    KEDUA, mempertimbangkan Surat Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Barat nomor: 445/3396/DINKES-YANKES.C tentang peningkatan penanganan kasus di tiga Kabupaten yakni Sanggau, Sintang dan Ketapang. Ketiga, intruksi Satgas Covid-19 Kabupaten Sanggau nomor 360/250/BPBD-PK/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan keempat, imbauan Kapolres Sanggau.

    “Semuanya ini kita bahas. Dan peserta rapat sepakat agar PHBI tidak menfasilitasi pelaksanaan malam takbir dan shalat idul fitri 1442 Hijiriyah tahun 2021 ini,” tegasnya.

    Pewarta : ABIN.

    Editor : Sery Tayan.


    Like it? Share with your friends!