Canggih….! Mobile Combat PCR di Beli Pemkab Sanggau, Begini Spesifikasinya


  • Rabu, 4 November 2020
  • 11:02 WIB
  • Canggih....! Mobile Combat PCR di Beli Pemkab Sanggau, Begini Spesifikasinya

    POTO :  Bupati Sanggau Paolus Hadi saat menyerahkan kunci mobil PCR kepada Plt Kadis Kesehatan (abin).

    radarkalbar.com, SANGGAU-Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Ginting mengungkapkan Mobile Combat PCR yang dibeli Pemkab Sanggau ini terbilang cukup canggih.

    ” Mobil ini dilengkapi dua unit mesin PCR dengan kapasitas tes masing-masing 200 per hari. Jadi bisa 400 sampel yang diuji dalam satu hari. Lamanya sampai keluar hasil lebih kurang lebih 40 menit. Tahapannya, di swab, kemudian masuk ke (mesin) ekstraksi, lalu masuk ke komputer untuk dianalisa, keluar langsung hasilnya,” ungkapnya.

    Menurut Ginting Mobile Combat PCR ini  bisa bergerak, sambil berjalan bisa running. Didalam cukup nyaman dan ini sudah standar biosafety level II (BSL-2) dengan tekanan udara yang negatif. Petugas yang di dalam aman dari penularan dari luar.

    ” Jadi kalau biasanya petugas Swab menggunakan APD lengkap, menggunakan baju azmat. Maka dengan mobil ini cukup dengan standar laboratorium,” ungkapnya.

    Mobil PCR akan dioperasikan tim yang lengkap. Mulai dari dokter spesialis patologi klinis, dokter umum, analis, petugas data dan driver.

    “Kenapa ada petugas data, karena mobil ini sudah dilengkapi dengan server online,” terang Ginting.

    Keberadaan mobil PCR ini, akan mempercepat proses tes swab. Jika selama ini hasil tes keluar satu sampai dua minggu, bahkan sampai tiga minggu. Tetapi dengan adanya mobil ini akan bisa cepat, membuat masyarakat tidak cemas dan tidak menghilangkan produktivitas bekerja masyarakat karena harus menunggu hasil tes.

    Ginting menambahkan, karena keterbatasan reagen yang ada, maka tes swab akan dilakukan berdasarkan skala prioritas.

    “Sesuai dengan pedoman. Jadi kita ambil yang prioritas supaya hasil lab kita betul-betul berkualitas dan kita bisa menggunakan uang negara secara efesien dan efektif. Yang positif langsung kita isolasi dan yang negatif bisa kembali beraktivitas seperti biasa. Mobil PCR ini akan keliling di beberapa kecamatan,” pungkasnya.

     

     

    Baca juga

     

     

    Pewarta : Abin.

    Editor : Sery Tayan.

     


    Like it? Share with your friends!