BAPPEDA KABUPATEN SANGGAU MENGHADIRI SOSIALISASI PENGHARGAAN PEMBANGUNAN DAERAH


  • Jumat, 31 Januari 2020
  • 14:14 WIB
  • BAPPEDA KABUPATEN SANGGAU MENGHADIRI SOSIALISASI PENGHARGAAN PEMBANGUNAN DAERAH

    Menindaklanjuti Surat Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia Nomor 0603/D.9/01/2020 Tanggal 16 Jaunari 2020 Perihal Sosialisasi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2020 Tingkat Kabupaten dan Kota. Kabupaten Sanggau sesuai jadwal diikutsertakan pada kegiatan sosialisasi PPD hari Kamis, 23 Januari 2020 bertempat di Royal Hotel Kuningan, Jakarta.

    Penghargaan pembangunan daerah merupakan kegiatan tahunan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Perencanaan Pembangunan Nasional yang dikoordinasikan oleh Deputi Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah daerah tingkat provinsi, kabupaten dan kota yang menunjukkan kinerja baik dalam perencanaan dan pencapaian pembangunan daerah. Prestasi ini ditandai dengan tersusunnya dokumen perencanaan yang berkualitas, pelaksanaan pembangunan yang sesuai dengan perencanaan serta mampu berinovasi dalam mencapai sasaran pembangunan yang telah direncanakan.

    Tahapan penilaian Kabupaten dan Kota dimulai dengan penilaian oleh tim provinsi dan dalam hal ini mencakup penilaian RKPD Kabupaten dan Kota serta dokumen inovasi dengan bobot nilai 45%. Setelah itu dilanjutkan dengan verifikasi dan wawancara dengan bobot nilai 55%.

    Setelah dinyatakan terbaik pertama pada tingkat provinsi, langkah selanjutnya adalah memasuki tahapan penilaian tim penilai pusat. Pada tahap ini penilaian mencakup 3 (tiga) tahapan yaitu pertama, penilaian RKPD Kabupaten dan Kota serta dokumen Inovasi dengan bobot 30% yang dinilai oleh PPT/Daerah. Kedua presentasi dan wawancara dengan bobot nilai 25% yang dinilai oleh tim penilai independen dan tim penilai utama. Ketiga adalah verifikasi dan kunjungan lapangan kabupaten dan kota dengan bobot nilai 45% yang juga dinilai oleh tim penilai independen dan tim penilai utama.

    Bappeda Kabupaten Sanggau telah menyajikan dan menyampaikan dokumen penilaian yang diminta ketika sosialisasi ditingkat pusat meliputi dokumen RPJMD, RKPD (2018–2020), APBD (2018–2020), kuesinoner dan surat pernyataan sesuai data yang diminta.




    Like it? Share with your friends!