Bappeda Kab. Sanggau Menghadiri Sosialisasi dan Publikasi Aplikasi Sidompu di Dinas Sosial P3AKB Kab. Sanggau


  • Selasa, 27 Oktober 2020
  • 14:54 WIB
  • Bappeda Kab. Sanggau Menghadiri Sosialisasi dan Publikasi Aplikasi Sidompu di Dinas Sosial P3AKB Kab. Sanggau

    Berdasarkan Surat Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau Nomor  460 / 1723 / DINSOSP3AKB-I / 2020, tanggal 20 Oktober 2020 Perihal Undangan Sosialisasi dan Publikasi Aplikasi Sidompu, Bappeda Kab. Sanggau diwakili oleh Sekretaris Shopiar Juliansyah, SE, MM dan Kasubbid Pemerintahan Desa dan Kesejahteraan Sosial Abang Suriyanto, S.AP menghadiri sosialisasi dimaksud. Kegiatan bertempat di Aula Kantor DINSOSP3AKB Kab. Sanggau pada hari Senin tanggal 26 Oktober 2020.

    Kegiatan Sosialisasi dan Publikasi Aplikasi Sidompu dibuka oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Keluarga Berencana Kab. Sanggau Drs. ALOYSIUS YANTO, M.Si dan dihadiri oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Fakir Miskin Dinsos P3AKB Kab. Sanggau Valentinus Sudarto, Bappeda Kabupaten Sanggau (Sekretaris dan Kasubbid Pemdes dan Kessos), dan Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau Firman Firdal, S.Kom, M.Sc.

    Aplikasi SIDOMPU merupakan suatu aplikasi basis data Sistem Informasi Data Kemiskinan Terpadu dengan semangat gotong royong yang merupakan kearifan lokal di Kabupaten Sanggau. Aplikasi SIDOMPU digunakan untuk memverifikasi dan memvalidasi data kemiskinan atau yang biasa disebut Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dengan menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) sebagai  basis data utamanya.

    Melalui Aplikasi SIDOMPU ini data penerima manfaat bantuan sosial akan teridentifikasi sesuai 14 kriteria kemiskinan dari Kementrian Sosial Republik Indonesia disajikan menurut  by nama by address,  perdesa/kelurahan, perkecamatan  seperti data penerima program PKH, BPNT, KIS, KIP, PBI, dan bahkan kedepan akan ditambah/dikembangkan dengan data terkait stunting. Dan diharapkan tingkat keakuratan atau kevalidan datanya akan terjamin karena didalam penentuan penerima manfaat dilakukan oleh Desa melalui mekanisme musyawarah desa sehingga akan tepat sasaran. Selain itu dengan Aplikasi SIDOMPU ini Desa melakukan Pengentrian,Verifikasi dan Validasi Data Kemiskinan, serta desa juga  menunjuk operatornya masing-masing sehingga perkembangannya dapat dipantau atau mudah untuk dilakukan evaluasi oleh pemangku kepentingan.

    Aplikasi SIDOMPU ini akan dikoneksikan dengan Aplikasi  SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial – Next Generation) dari Kementrian Sosial Republik Indonesia yang merupakan suatu sistem informasi yang terdiri dari beberapa komponen berupa pengumpulan dan pengolahan data kesejahteraan sosial  dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang dilaksanakan secara berjenjang dan berkesinambungan.

    Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kab. Sanggau akan melaksanakan pelatihan/bimtek  bagi operator Desa yang akan dilaksanakan pertengahan bulan November 2020, serta meminta Dinas Kominfo dan Bappeda sebagai narasumbernya. Setelah kegiatan pelatihan/bimtek bagi operator akan dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi kepada Kepala Desa dan Camat se Kabupaten Sanggau.

    Untuk Tahun 2020 ini baru Desa di Kecamatan Beduai yang dijadikan pilot project dan hingga saat ini pengimputan oleh masing-masing desa sudah mencapai 32, 70 % untuk data penduduk miskin dan 47, 95 % kategori tidak miskin, dan progress tiap harinya dinamis.

    Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau mengharapkan/menyarankan agar Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau untuk memiliki server sendiri dan tidak tergantung pada rekanan sehingga ada back up data tersimpan di Pemda dan untuk antisipasi  dari  kemungkinan ketergantungan kepada pihak pengembang aplikasi/rekanan meski untuk hal tersebut memerlukan biaya yang cukup besar. Selain itu Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau menyarankan agar menyampaikan kepada mereka terkait spesifikasi  Aplikasi SIDOMPU ini mengingat mereka sebagai wali data di daerah.

    Sekretaris Bappeda Kabupaten Sanggau mengkonfirmasi data apa saja yang boleh diakses dan bagaimana keamanan datanya bila sudah kita publikasi ke masyarakat serta bagaimana privatisasi data penerima bantuan sosial. Hal ini untuk menjaga jangan sampai kita dikomplain oleh keluarga dan dimanfaatkan oleh oknum untuk kepentingan menguntungkan diri sendiri. Oleh karena itu perlu adanya batasan / data yang dikecualikan.




    Like it? Share with your friends!