BAPPEDA KAB. SANGGAU MENGHADIRI FORUM BAPPEDA SEKALIMANTAN BARAT


  • Selasa, 4 Februari 2020
  • 08:37 WIB
  • BAPPEDA KAB. SANGGAU MENGHADIRI FORUM BAPPEDA SEKALIMANTAN BARAT

    Formulasi kebijakan perencanaan pembangunan Provinsi Kalimantan dalam rangka meningkatkan Indek Pembangunan Manusia menuju Kalimantan Barat yang sejahtera, maka diperlukan pertemuan dan diskusi untuk sharing informasi ketika persiapan rencana aksi. Salah satu wadah silahturahmi dan diskusi adalah melalui forum Bappeda sekalimantan barat.

    Forum Bappeda merupakan agenda rutin tahunan yang difasilitasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Barat. Untuk tahun ini forum Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kalimantan Barat dilaksanakan di Kantor Gubernur Kalimantan Barat pada hari Jumat 31 Januari 2020 dan dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat Bapak Sutarmidji, SH.,M.Hum serta dihadiri oleh 14 (empat belas) Bappeda Kabupaten/Kota sekalimantan barat.

    Gubernur Kalimantan Barat Bapak Sutarmidji, SH.,M.Hum dalam arahannya menyampaikan “Pertemuan ini untuk validasi data dan sinkronisasi program”. Validasi data menjadi hal yang penting karena proses awal formulasi kebijakan menuju Kalimantan Barat (visi……) yang sejahtera sesuai dengan visi Kalimantan Barat dimulai dengan sajian data yang valid, komprehensif dan kekinian. Berawal dari data yang valid, maka kebijakan yang akan diformulasikan dan diimplementasikan akan tepat sasaran.

    Selain dari pada itu sinkronisasi program menjadi hal penting untuk dibahas dalam rangka kesamaan tujuan membangun Kalimantan Barat sehingga semakin jelas peranan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten kota dalam proses perencanaan pembangunan daerah. Dalam hal ini selaras dengan yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Barat Ir. Yuslinda, MM yang mengatakan : “fokus Kalimantan Barat Tahun 2020–2021 adalah infrastruktur termasuk di dalamnya bangunan fisik”. Dengan demikian dapat dimaknai bahwa sinkronisasi pembangunan menjadi hal yang penting, sebagai ilustrasi ketika Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat hendak membangun SMA maka Pemerintah Kabupaten dan Kota berperan dalam menyiapkan lahan yang clear and clean dengan dukungan data evidencenya sertifikat atau dokumen status tanah. Inilah argumentasi yang menjadi landasan pentingnya sinkronisasi program provinsi dan kabupaten kota menuju Kalimantan Barat sejahtera.

    Dalam pertemuan Forum Bappeda Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Sanggau menyampaikan :  “salah satu prioritas pembangunan Kabupaten Sanggau Tahun 2021 adalah peningkatan struktur jalan Kembayan–Balai Sebut”. Sebagaimana diketahui bersama dari 15 (lima belas) kecamatan di Kabupaten Sanggau yang jalan menuju kota kecamatannya belum beraspal adalah Kecamatan Jangkang. Mengingat status jalan dari Kembayan menuju Balai Sebut adalah jalan provinsi, maka pada kesempatan ini diusulkan agar dapat terakomodir menjadi salah satu prioritas pembangunan Kalimantan Barat sehingga tercipta sinkronisasi pembangunan antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dengan Pemerintah Kabupaten Sanggau berupa infrastruktur secara spesifik peningkatan struktur jalan.




    Like it? Share with your friends!