BAPPEDA BERSAMA PERANGKAT DAERAH DI KABUPATEN SANGGAU MELAKUKAN DESK CAPAIAN PROGRAM RANCANGAN RKPD KAB. SANGGAU TAHUN 2021


  • Senin, 18 Mei 2020
  • 19:42 WIB
  • BAPPEDA BERSAMA PERANGKAT DAERAH DI KABUPATEN SANGGAU MELAKUKAN DESK CAPAIAN PROGRAM RANCANGAN RKPD KAB. SANGGAU TAHUN 2021

    Dalam rangka merumuskan capaian program, masukan, keluaran dan sasaran program kegiatan sehingga bisa diukur, realistis, akuntabel dan transparan maka dipandang perlu melakukan desk dalam rupa diskusi antara Bappeda Kabupaten Sanggau dengan Perangkat Daerah.

    Metode operasional desk dilakukan dengan mengundang setiap Perangkat Daerah secara bergantian sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Kepala Bappeda Kabupaten Sanggau Ir. Yulia Theresia dalam arahannya menyampaikan :

    “kegiatan ini dalam rangka melakukan diskusi untuk penyamaan persepsi merumuskan capaian program sesuai dengan program kegiatan”.

    Dalam hal ini diskusi difokuskan pada indikator kinerja yang merupakan tanda yang berfungsi sebagai alat ukur pencapaian kinerja suatu kegiatan, program atau sasaran dan tujuan dalam bentuk keluaran (output), hasil (outcome), dampak (impact). Pada tataran program diskusinya difokuskan pada penjabaran kebijakan perangkat daerah dalam bentuk upaya berisi satu atau lebih kegiatan dengan menggunakan sumber daya yang disediakan untuk mencapai hasil yang terukur sesuai dengan tugas fungsi.

    Selanjutnya fokus diskusinya diarahkan pada keluaran (output) adalah suatu produk akhir berupa barang atau jasa dari serangkaian proses atas sumber daya pembangunan agar hasil (outcome) dapat terwujud dan hasil (outcome) adalah keadaan yang ingin dicapai atau dipertahankan pada penerima manfaat dalam periode waktu tertentu yang mencerminkan berfungsinya keluaran dari beberapa kegiatan dalam satu program serta sasaran adalah rumusan kondisi yang menggambarkan tercapainya tujuan, berupa hasil pembangunan daerah/ perangkat daerah yang diperoleh dari pencapaian hasil (outcome) program perangkat daerah. Sedangkan dampak (impact) kondisi yang ingin diubah berupa hasil pembangunan/layanan yang diperoleh dari pencapaian hasil (outcome) beberapa program sehingga dipandang perlu untuk dilakukan pembahasan. Hasil pembahasan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dan dituangkan ke dalam dokumen Rencana Kerja dan Anggaran sesuai program kegiatan tugas dan fungsi Perangkat Daerah.

    Program merupakan penjabaran dari sasaran, tujuan dan misi serta visi Bupati Sanggau, yang menjadi pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan bagi seluruh pihak pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yaitu Sanggau Maju dan Terdepan.




    Like it? Share with your friends!