Apel Kesiap-siagaan Penanganan Karhutla dan Bencana Alam Lainnya Wilayah Kecamatan Kembayan Sanggau


  • Rabu, 5 Agustus 2020
  • 07:51 WIB
  • Apel Kesiap-siagaan Penanganan Karhutla dan Bencana Alam Lainnya Wilayah Kecamatan Kembayan Sanggau


    TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Apel bersama dalam rangka Kesiapsiagaan Penanganan Karhutla dan bencana alam lainnya dilakukan di halaman Kecamatan Kembayan, Desa Tanjung Merpati, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau.

    Kegiatan apel diikuti lebih kurang 50 orang, yang terdiri dari Unsur Forkopincam, Perwakilan ASN Kecamatan Kembayan, seluruh kepala desa, relawan masyarakat peduli api, dan perwakilan perusahaan yang ada dilingkup Kecamatan Kembayan, serta Ketua DAD dan MABM.

    Bertindak selaku Pemimpin Apel Camat Kembayan Drs. Inosensius Nono didampingi oleh Kapolsek Kembayan Ipda Sutono dan Danramil Kembayan Kapten Warsidi.

    Dalam amanatnya, Camat Kembayan menyampaikan secara singkat Peraturan Bupati Sanggau dan Peraturan Gubernur terkait dengan Pembukaan Lahan Berbasis Kearifan Lokal.

    Kemudian dilanjutkan Kapolsek Kembayan Ipda Sutono.

    Dalam amanatnya, Kapolsek Kembayan menyampaikan terkait dengan Pembukaan Lahan berbasis Kearifan Lokal tidak berlaku di Lahan Gambut.

    “Luasan lahan tidak lebih dari 2 hektare, serta varietas yang ditanam hanya jenis palawija, tidak pohon sawit,” ucap Kapolsek.

    Polwan dan Bhayangkari Polresta Pontianak Kota Bantu Korban Bencana Angin Puting Beliung

    Dikatakan Kapolsek juga, setiap masyarakat yang melakukan pembakaran lahan, wajib menyampaikan kegiatannya ke pihak desa secara berjenjang.

    Terkait dengan adaptasi kehidupan baru agar seluruh unsur terus menyampaikan kepada masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan, penggunaan masker, mencuci tangan, dan sosial distancing.

    Selesai pelaksanaan apel bersama dilanjutkan dengan kegiatan pengecekan sekaligus simulasi terhadap alat-alat pemadam api serta perlengkapan lainnya baik milik perusahaan maupun peralatan Damkar Kecamatan Kembayan.

    Kapolsek Kembayan mengatakan kegiatan yang dilaksanakan merupakan persiapan kesiap-siagaan penanganan Karhutla dan bencana alam lainnya di Kecamatan Kembayan Tahun 2020.

    “Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan sinergisitas unsur-unsur terkait di Kecamatan Kembayan dapat terjalin dengan baik sehingga penanganan Karhutlah di lapangan dapat dilakukan secara optimal,” ucap Ipda Sutono.

    Langkah-langkah ke depannya Polsek Kembayan melalui personel Bhabinkamtibmas secara kontinu akan melakukan kordinasi dan imbauan kepada perangkat desa dan masyarakat desa binaannya.

    Hal ini agar seoptimal mungkin tidak melakukan pembukaan lahan secara dibakar.

    Apabila tetap akan melakukan pembakaran, sebelumnya memberitahukan secara berjenjang kepada aparat pemerintah dan Polsek Kembayan sehingga penanganannya dapat diantisipasi secara tepat. (*)




    Like it? Share with your friends!