APEL GELAR PASUKAN OPERASI LILIN KAPUAS 2017


  • Kamis, 21 Desember 2017
  • 12:00 WIB
  • APEL GELAR PASUKAN OPERASI LILIN KAPUAS 2017

    //Sukardi Diskominfo-Sgu//

    SANGGAU, Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Kapuas 2017  Dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Sanggau, Kamis (21/12) Pagi.

    Apel tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi,S.IP, M.Si. hadir juga dalam kesempatan itu Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot, M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau A.L.Leysandri, SH, Kapolres Kabupaten Sanggau AKBP Rachmat Kurniawan, Dandim Kabupaten Sanggau yang diwakili Kapten Andri, Kepala BNN Kabupaten Sanggau Ngatiya,SH,MH, Asisten II Setda Kabupaten Sanggau H.Roni Fauzan, SE, M.Si , Kapolsek Se-Kabupaten Sanggau, Kepala OPD Kabupaten Sanggau dan Para Anggota Kepolisian dan TNI Kabupaten Sanggau.

    Dalam Kesempatan itu, Bupati Sanggau melakukan penyematan pita kepada perwakilan tim operasi sebagai tanda gelar operasi lilin kapuas, disamping itu juga Bupati Sanggau menyerahkan penghargaan kepada anggota polsek kecamatan entikong yang berprestasi telah berhasil menangkap pengedar narkoba di pintu gerbang perbatasan lintas negara.

    Amanat Kapolri Republik Indonesia Dibacakan Bupati Sanggau menyampaikan bahwabApel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir terhadap kesiapan seluruh personil pengamanan berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

    Lebih Lanjut, Operasi lilin 2017 akan dilaksanakan terhitung mulai tanggal 23 Desember 2017 sampai dengan 1 Januari 2018 dengan mengedepankan kegiatan preventif didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum, dimana operasi ini melibatkan 170.304 personil yang terdiri atas 90.057 personil Polri, 20.070 personil TNI dan 60.177 personil dari instansi terkait beserta komponen masyarakat lainnya.

    Gabungan personil ini hendaknya dapat menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat sepanjang libur Natal dan Tahun Baru khususnya di tempat-tempat ibadah, jalan-jalan perlintasan arus mudik dan arus balik objek wisata, pusat pembelanjaan serta fasilitas transportasi yang akan digunakan seperti terminal bus stasiun kereta api pelabuhan dan bandara.

    Berikut di seluruh tempat-tempat tersebut telah dibangun 1.694 pengamanan dan 643 pos pelayanan yang tergelar di seluruh wilayah Indonesia.

    Oleh karena itu beberapa hal yang perlu saya tekankan untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh personil yang bertugas adalah sebagai berikut :
    Pertama, petakan seluruh potensi karawanan di masing-masing wilayah dan tentukan cara kerja yang tepat melalui penyusunan rencana operasi yang matang.
    Kedua, tingkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional yang meresahkan di pusat keramaian, tempat ibadah dan tempat-tempat lainnya.
    Ketiga, melakukan pendekatan dengan elemen masyarakat guna mencegah terjadinya aksi sweeping oleh ormas, bila tetap terjadi lakukan tindakan tegas yang profesional.
    Empat, optimalkan penggelaran anggota di tengah masyarakat melakukan terobosan kreatif melalui rekayasa lalu lintas guna mengurangi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.
    Kelima, maksimalkan transaksi masing-masing daerah guna mewujudkan stabilitas harga pangan dengan menggandeng instansi terkait.
    Keenam, perkuat sinergisitas polisional dengan seluruh stakeholder untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

    Usai Membaca Amanat Kapolri Bupati Sanggau menambahkan, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau dan Masyarakat Sanggau Mengucapkan Selamat Bertugas Kepada Tim operasi Lilin Dalam Rangka pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru, Kemudian selamat Natal kepada seluruh umat kristiani dimana pun berada khususnya masyarakat sanggau yang merayakan Natal, selanjutnya selamat tahun baru Kepada kita semua.

    Penulis : Alfian
    Editor : Sukardi




    Like it? Share with your friends!