205 Warga Kabupaten Sanggau Hasil Tracing Kontak Erat, Jalani Swab PCR


  • Senin, 31 Mei 2021
  • 20:35 WIB
  • 205 Warga Kabupaten Sanggau Hasil Tracing Kontak Erat, Jalani Swab PCR

    POTO : Warga mengikuti swab PCR (ist).

    radarkalbar.com, SANGGAU – Ratusan orang dari berbagai kecamatan, dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) memadati halaman Sekretariat Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Sanggau, yang terletak di bilangan jalan Ahmad Yani, Kota Sanggau, Senin (31/5/2021).

    Usut punya usut, warga sebanyak 205 dari sejumlah Puskesmas di Kabupaten Sanggau itu mengikuti swab PCR di laksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau.

    Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sanggau melalui Kabid Pelayanan Kesehatan, drg Roy Naibaho mengatakan warga terlihat antusias mengikuti swab PCR tersebut. Swab yang dilakukan hari ini sebenarnya dari hari Jumat kemarin.

    ” Jadi, ditambah yang kontak erat swab yang sebelumnya, karena ada beberapa orang yang tidak bisa hadir pada saat itu kita kejar, ditambah kasus-kasus yang baru. Makanya hari ini ramai yang mengikuti swab,” ungkapnya.

    Menurut Roy, sebanyak 205 orang yang menjalani swab, dari Puskesmas Kapuas 100 orang terdiri dari kontak erat, bergejala, screning antigen positif, termasuk yang berasal dari perusahaan-perusahaan di Kapuas. Kemudian dari Puskesmas Pusat Damai ada 5 orang, Puskesmas Beduai ada 29 orang, Puskesmas Kedukul ada 29 orang, Puskesmas Tanjung Sekayam ada 26 orang, Puskesmas Sosok 5 orang dan Puskesmas Kembayan 20 orang.

    “Jadi totalnya ada 205 orang yang diswab hari ini. Tapi data ini bisa bertambah melihat kondisi terakhir,” ujarnya.

    Roy menegaskan swab PCR yang.dilakukan pihaknya tanpa dipungut biaya alias gratis.

    “Yang kita swab hari ini yang memiliki riwayat seperti kontak erat, bukan karena keinginan pribadi, karena kita tidak melayani yang seperti itu,” jelasnya.

    Ia berharap, masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan Pemerintah melalui 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

    “Ini strategi kita untuk terhindar dari Covid-19. Jadi, mohon kerjasama masyarakat Sanggau untuk patuh dan disiplin dalam menerapkan 5 M ini,” ingatnya.

    Pewarta : Abin.

    Editor : Sery Tayan.


    Like it? Share with your friends!