102 Orang Pedagang Pasar Sentral Sanggau Ikuti Rapid Test, 6 Orang Hasilnya Reaktif


  • Kamis, 18 Juni 2020
  • 19:00 WIB
  • 102 Orang Pedagang Pasar Sentral Sanggau Ikuti Rapid Test, 6 Orang Hasilnya Reaktif


    TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Sebanyak 102 pedagang pasar Sentral Sanggau, mengikuti Rapid Test massal yang digelar Dinas Kesehatan Sanggau bekerjasama dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sanggau dan Kecamatan Kapuas, Kamis (18/6/2020). Rapid Test dipusatkan di area Pasar Sentral.

    “Hasil pemeriksaan hari ini di Pasar Sentral dengan sasaran pedagang tradisional. Target 150 orang, hasil penjaringan 102 orang yang diperiksa.”

    “Hasilnya reaktif 6 orang, hasil non reaktif 94 orang dan hasil Invalid 2 orang,” kata Kepala Puskesmas Sanggau, Kabupaten Sanggau, Bassilinus, Kamis (18/6/2020).

    Dikatakanya, Data hasil pemeriksaan reaktif selanjutnya dilaporkan ke Dinas Kesehatan untuk selanjutnya di registrasi masuk kluster yang akan dilakukan swab PCR.

    Pasien Covid-19 di Seponti Tak Dikarantina di Rumah Sakit, Ini Penjelasan Gugus Tugas Kayong Utara

    “Kapan pelaksanannya, Dinkes yang menentukan,” ujarnya.

    Dari hasil pemeriksaan ini menunjukkan bahwa adanya kluster baru penyebaran Covid-19 melalui transmisi pedagang pasar, Karena cukup banyak yang reaktif yang selanjutnya harus di tracking 14 hari sebelumnya.

    “Untuk itu diharapkan kepada kita semua untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Wajib pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan menghindari kerumunan,”ujarnya.

    Dan bagi bapak/ibu yang berbelanja ke pasar, Selesai belanja harus mandi dengan bersih di rumah.

    “Sanggau belum bebas Corona, mari mendisiplinkan diri di tatanan Pola Hidup Baru (PHB),”ujarnya.

    Sementara itu, Tokoh Pemuda Sanggau, Abang Indra mendukung langkah yang dilakukan Dinas Kesehatan Sanggau bekerjasama dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sanggau dan Kecamatan Kapuas.

    “Kita menyambut baik dengan dilakukanya Rapid Test massal bagi pedagang tradisional di Kota Sanggau. Dan kemarin di Pasar Senggol dan hari ini di Pasar Sentral,” katanya.

    Untuk itulah, Indra berpesan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker, jaga jarak, hindari kerumunan. (*)

    Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

    Update berita pilihan
    tribunpontianak.co.id di WhatsApp
    Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak




    Like it? Share with your friends!