100% Peserta Berhasil Mengakses SIMIRA dan SIPEWIRA


  • Kamis, 2 Juli 2020
  • 10:09 WIB
  • 100% Peserta Berhasil Mengakses SIMIRA dan SIPEWIRA

    Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Paulus Usrin sebagai Project Leader dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan V menginisiasi layanan online berbasis website “SIMIRA” dan SIPEWIRA”. Layanan ini dapat diakses melalui website Dinas Nakertrans Kabupaten Sanggau. Untuk mengetahui sejauh mana layanan ini dapat berfungsi, Project Leader berserta tim efektif berkunjung ke Desa Suka Gerundi Kecamatan Parindu untuk melakukan Uji Coba Layanan “SIMIRA” dan “SIPEWIRA” kepada para calon pencari kerja pada hari Rabu (01/07).

    Aparat Kantor Desa dan calon pencari kerja menyambut baik terhadap program yang telah dibuat, dengan harapan dapat mempercepat dan memperpendek jarak tempuh calon pencari kerja dalam memperoleh informasi dan mendapatkan pelayanan. “Saya rasa ini kebijakan yang baik oleh Pemerintah Kabupaten Sanggau pada Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sanggau,” pernyataan dukungan dari Sartono, Kepala Desa Suka Gerundi dalam sambutannya. “Apabila dia sudah dapat suatu pelatihan maka dia bisa mendapatkan pekerjaan. Ini yang kita inginkan.”

    Pemaparan SIMIRA dan SIPEWIRA oleh Project Leader

    Para peserta dihimbau untuk membawa KTP sebagai identitas diri dan smartphone sebagai sarana untuk pengisian form SIMIRA dan akses menu SIPEWIRA. Project Leader juga menjelaskan apa itu SIMIRA dan SIPEWIRA serta tata cara pengisian form SIMIRA. “Caranya sederhana sekali, bisa juga diakses melalui smartphone, dengan mengetik http://disnakertrans.sanggau.go.id/ di kotak alamat website.

    Para peserta antusias mengikuti uji coba layanan ini walaupun sempat ada kendala teknis berupa lemahnya sinyal jaringan telekomunikasi. Hal ini dapat diatasi dengan berbagi tethering antar sesama peserta uji coba. Para peserta rata-rata memiliki smartphone sehingga pengisian form SIMIRA dapat berlangsung dengan cepat. Hanya dibutuhkan kurang lebih 5 menit saja dalam mengisi form hingga selesai. Para peserta juga telah memahami informasi yang ada dalam menu SIPEWIRA sehingga bisa memutuskan akan memilih program pelatihan yang tersedia.

    Peserta Uji Coba Layanan SIMIRA dan SIPEWIRA

    Setelah peserta satu per satu meng-input data mereka melalui perangkat smartphone, hasilnya dapat langsung dilihat pada monitor admin website. Semua data peserta uji coba layanan berhasil ter-submit ke website Nakertrans.

    Kegiatan uji coba layanan online berlangsung dengan lancar walaupun hanya diikuti oleh kurang lebih 20 peserta. Hal ini mengingat protokol kesehatan terkait pandemi Covid-19 yang tidak membolehkan adanya kerumunan atau keramaian dalam suatu kegiatan. Sebelum masuk ke ruangan kegiatan, para peserta juga diharuskan mencuci tangan terlebih dahulu dan memakai masker. Dengan segala keterbatasan tersebut, tidak mengurangi semangat peserta dalam mengikuti kegiatan uji coba layanan online SIMIRA dan SIPEWIRA.

    Coba di sini :
    http://disnakertrans.sanggau.go.id/form-simira/
    http://disnakertrans.sanggau.go.id/sipewira/


    Like it? Share with your friends!