Upaya Penanganan Covid-19, Pemkab Sanggau Beli Mobile Combat PCR

Upaya Penanganan Covid-19, Pemkab Sanggau Beli Mobile Combat PCR


POTO : Bupati Sanggau memeriksa polymerase chain reaction (PCR) keliling atau Mobile Combat PCR. (abin)

radarkalbar.com, SANGGAU- Saat ini Pemkab Sanggau telah memiliki mobil untuk pemeriksaan sampel usap atau swab polymerase chain reaction (PCR) keliling atau Mobile Combat PCR.

Hal itu ditandai dengan penyerahan mobil PCR tersebut oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi S Ip, M Si kepada Plt Kepala Dinas Kesehatan Sanggau Ginting, berlangsung di halaman Kantor Bupati Sanggau, Rabu (4/11/2020).

Mobil seharga Rp 3,9 Milyar ini berkapasitas 40-50 menit pemeriksaan sampel swab PCR.

Bupati Sanggau Paolus Hadi mengungkapkan mobil PCR ini sudah lama dipesan melalui anggaran Bantuan Tak Terduga (BTT) Dana Insentif Daerah (DID) Dinas Kesehatan tahun anggaran 2020.

Keberadaan mobil PCR ini sebagai salah satu langkah percepatan layanan laboratorium dalam melakukan tes swab PCR di Kabupaten Sanggau.

Bupati menyebut, mobil PCR ini sangat penting untuk Kabupaten Sanggau. Sebab, dengan adanya mobil ini seseorang terkena Covid19 atau tidak akan cepat diketahui hasilnya.

“Ini akan membantu kita dalam menekan penyebaran Covid19. Selain itu membuat psikologis kita semakin baik. Kami berusaha menggunakannya semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat,”jelas dia.

Terkait test sampel specimen swab PCR, menurut Bupati Sanggau akan ada du kategori, ada yang dibiayai negara. Kemudian ada yang mandiri.

“Ada yang ditanggung negara dan mandiri. Kemudian ada yang ditanggung negara ada kriteria. Ditanggung negara artinya anggaran pemerintah daerah yang kami siapkan untuk penanganan Covid19,” terangnya.

 

 

Baca juga

 

 

 

 

Pewarta : Abin.
Editor : Sery Tayan.

 


More Stories
Bripka Sutikno Himbaukan Kamtibmas Desa Tunggal Bhakti
Bripka Sutikno Himbaukan Kamtibmas Desa Tunggal Bhakti