Trend Menurun, Sanggau Masih pada Zona Oranye Kasus Covid-19

Trend Menurun, Sanggau Masih pada Zona Oranye Kasus Covid-19


POTO : Plt Kadiskes Sanggau, Ginting (ist).

radarkalbar.com, SANGGAU – Kabupaten Sanggau masih berada di zona oranye. Kondisi ini dipicu, beberapa pekan lalu terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Kendatipun, pada minggu ini grafik perkembangan kasus Covid -19 terus mengalami penurunan pada wilayah yang berjulukan Bumi Daranante ini.

“Saat ini kita memang masih berada di zona oranye karena beberapa minggu yang lalu terjadi lonjakan kasus yang cukup tinggi. Tapi sekarang kasus Covid-19 sebetulnya sudah menurun,” ungkap Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan (Plt Kadiskes) Kabupaten Sanggau, Ginting ditemui wartawan di Kantor Bupati, Rabu (19/5/2021).

Update data terbaru Satgas Covid-19 Kabupaten Sanggau menyebutkan total kasus dari bulan Maret 2020 sampai dengan 18 Mei 2021 tercatat 1.090 kasus terkonfirmasi positif, 1.062 diantaranya dinyatakan sembuh, meninggal dunia 26 kasus dan menunggu hasil 127.

“Untuk orang yang menjalani isolasi karantina tidak ada. Kemudian isolasi mandiri juga tidak ada. Tinggal dua orang yang menjalani isolasi perawatan di RSUD MTh Djaman,” ungkap Ginting.

Menurut Ginting, ada tambahan 49 kasus baru tapi karena hasilnya lambat keluarnya sehingga yang positif itu sekarang semuanya sudah dinyatakan sembuh.

“Jadi, angka kesembuhan Covid-19 di Sanggau cukup tinggi sekarang ini,” timpalnya.

Ginting berharap masyarakat Sanggau tidak kendor menerapkan protokol kesehatan.
Disiplin menjalankan 5 M yakni memakai masker saat berada di luar rumah, atau ketika berkumpul bersama kerabat di mana pun berada. Kemudian mencuci tangan menggunakan air mengalir dengan sabun secara berkala, menjaga jarak antar satu dengan yang lain minimal 1 hingga 2 meter, menjauhi kerumunan saat berada di luar rumah dan mengurangi mobilitas dengan menahan diri ke luar rumah kecuali ada urusan mendesak.

Pewarta : Abin.

Editor : Sery Tayan.


More Stories
Sambangi Satpam PT. Cnis Kedukul Brigpol Ahmad Kardoyo Berikan Himbauan Kamtibmas
Sambangi Satpam PT. Cnis Kedukul Brigpol Ahmad Kardoyo Berikan Himbauan Kamtibmas