Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns, ajarkan anak perbatasan Wawasan Kebangsaan

Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns, ajarkan anak perbatasan Wawasan Kebangsaan


Sanggau (ANTARA) – Untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan, Cinta tanah air dan kekompakan, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns memberi wawasan kebangsaan lewat permainan Wisata Matematika Bela Negara (WBMN) kepada anak-anak di Desa Bantan, Kecamatan Sekayan, Kabupaten Sanggau, dimana kegiatan tersebut dilakukan oleh lima personel Pos Bantan dipimpin Serda Tedy.

“WBMN tersebut diikuti oleh sekitar 30 orang anak-anak Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas yang ada di Desa Bantan, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau bertempat di lapangan volley Desa Bantan,” kata Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Entikong, Sabtu.

Dansatgas mengatakan pentingnya menanamkan sejak nilai-nilai kebangsaan sejak usia dini agar anak-anak mengerti dan mencintai tanah air Ibu Pertiwi. Dengan metode permainan Wisata Matematika Bela Negara yang menyenangkan anak-anak jauh lebih mudah mengerti apa diajarkan.

“Diharapkan nantinya, anak-anak ini walaupun dengan segala keterbatasan di wilayah perbatasan bisa menjadi generasi penerus bangsa yang berdisiplin mempunyai nilai-nilai kebangsaan dan berkarakter,” ungkap Dansatgas.

Dansatgas menambahkan personel Satgas sebelum berangkat tugas sudah dibekali berbagai pengetahuan sebagai tenaga pendidik yang dipersiapkan tiap-tiap pos, untuk ikut serta membantu dunia pendidikan dengan mengajar di sekolah maupun luar sekolah di wilayah perbatasan.

“Salah satu peran prajurit di medan tugas perbatasan ini, selain sebagai Garda terdepan menjaga kedaulatan NKRI, juga turut serta dalam memajukan pendidikan di wilayah perbatasan,” tutur Dansatgas.

Sementara itu, salah satu Tokoh Masyarakat Desa Batan  Martinus mengungkapan rasa terima kasih atas kepedulian personel Satgas Pantas Yonif Mekanis 643/Wns dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan dalam cara permainan yang baru, mudah dan terlebih lagi sangat menyenangkan.

“Anak-Anak sangat bersemangat dan bergembira menerima ilmu tentang wawasan kebangsaan yang disajikan dengan permainan baru yang diajarkan bapak TNI, semoga ini menjadi energi positif bagi murid disini untuk meningkatkan semangat mencintai tanah air.” pungkas Martinus.

 




More Stories
Pengenalan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT), Disbunnak lakukan sosialisasi Pengendalian Hama Terpadu (PHT)
Pengenalan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT), Disbunnak lakukan sosialisasi Pengendalian Hama Terpadu (PHT)