Rakor Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Kab.Sanggau dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat

//DISKOMINFO-SGU//

Sanggau, dilaksanakan kegiatan Rakor Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Kab.Sanggau dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat bertempat di ruang musyawarah lantai I Kantor Bupati Sanggau, Rabu (4/8/2021).

Hadir pada kesempatan itu Wakil Bupati Sanggau Drs Yohanes Ontot M.Si, Kepala BNNK Sanggau Rudolf Manimbun, ST.MM, Kadis Kominfo Joni Irwanto, Kasi Intelijen Freddy Wiryawan, S.H., IPDA Gunawan Carda KBO Sat intelkam Polres Sanggau, Plt Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau Antonius dan Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau Antonius dalam sambutannya menyampaikan dasar pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Sanggau sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 46 Tahun 2019 Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Kewaspadaan Dini Di Daerah Kabupaten Sanggau.

Melalui pertemuan ini diharapkan dari peserta rapat dapat memberikan masukan pada pemerintah terkait deteksi pencegahan dini dapat lebih awal diketahui terhadap suatu masalah ditengah-tengah masyarakat.”

Dalam rangka mewujudkan salah satu misi Kepala Daerah yaitu Mewujudkan Kondisi Masyarakat Yang Aman, Tentram dan Dinamis maka perlu dibentuk Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah (Wasdin) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Wakil Bupati Sanggau menyampaikan gambaran dan paparan dasar pembentukan FKDM yang diharap dapat memberikan informasi sedini mungkin pada pemerintah untuk menjadi bahan pertimbangan dalam menindaklanjuti kejadian atau masalah yang terjadi di daerah.

FKDM merupakan wadah pemerintah dalam menyampaikan kabar yang lebih awal tentang kewaspadaan dini, yang kemudian dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah. Dalam hal ini FKDM dapat memberikan masukan yang merupakan bahan pertimbangan pemerintah dalam mengambil kebijakan.

Kendati selama ini kondisi situasi di kabupaten Sanggau relatif kondusif, namun kewaspadaan dini masyarakat harus senantiasa dijaga, bahkan bila perlu lebih ditingkatkan lagi dimasa-masa yang akan datang.