PELATIHAN BUDIDAYA TERNAK SAPI BALI

PELATIHAN BUDIDAYA TERNAK SAPI BALI


Dalam rangka mendukung majunya budidaya ternak di Kab. Sanggau, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab. Sanggau dalam hal ini Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan mengadakan Pelatihan Budidaya Ternak Sapi untuk 2 (dua) kelompok calon penerima bantuan ternak sapi Tahun Anggaran 2021 yang berasal dari Desa Melobok Kec. Meliau dan Desa Sei Jaman Kecamatan Tayan Hilir. Pelatihan ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada calon penerima bantuan ternak sapi Tahun Anggaran 2021 untuk mempersiapkan kandang dan memberi pengetahuan tata cara budidaya ternak sapi yang baik.

Kegiatan Pelatihan ini dihadiri oleh Bapak Yulius Tehau, SP selaku Dewan terpilih Kab. Sanggau, Ibu Finy Widiyanti (Kasi Produksi dan Perbibitan) perwakilan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab. Sanggau, Bapak Torinus Toni (Kepala Desa Sei Jaman), Bapak Thomas Aliando (Sekretaris Desa Melobok), dan drh. Yeni Kezia Bekalani sebagai Narasumber, serta peserta pelatihan yang berjumlah 40 orang.

Kegiatan ini diawali dengan kata sambutan dari Bapak Yulius Tehau, SP kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan yang diwakili oleh Ibu Finy Widiyanti, S.Pt (Kasi Perbibitan dan Produksi), serta kata sambutan dari Kepala Desa Sei Jaman sekaligus membuka acara Pelatihan Budidaya Ternak Sapi. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh drh. Yeni Kezia Bekalani selaku Medik Veteriner.

Kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar dan terjadi komunikasi dua arah antara pemateri dan peserta sehingga pelatihan yang diselenggarakan lebih hidup. Adapun yang menjadi pertanyaan bagi peternak yaitu terkait pengobatan sapi secara herbal karena petugas kesehatan ternak tidak ada disana. Pengobatan sapi secara herbal dapat dilakukan dengan memberi jamu (campuran kunyit, jahe dan temulawak) untuk meningkatkan daya tahan tubuh ternak dan untuk mencegah penyakit cacingan dapat diberikan buah pinang.

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, anggota kelompok Ternak siap untuk mengembangkan budidaya ternak sapi di wilayahnya.


DPP
More Stories
FESTIVAL KOPI 2017 - DISPORAPAR
FESTIVAL KOPI 2017 – DISPORAPAR