Ombudsman On The Spot (OSS) di Kab. Sanggau, Ini Harapan Bupati Sanggau

//Izar-Diskominfo Sanggau//

Sanggau, Ombudsman On The Spot (OSS) hadir di Kabupaten Sanggau, bertempat di Mal Pelayanan Publik (MPP) Sanggau, Selasa, (15/06/21).

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP., M.Si., di damping Anggota Forkopimda Kab. Sanggau dan Kepala OPD Kab. Sanggau.

Dalam sambutannya Kepala Ombudsman Perwakilan Kalbar yang diwakili oleh Marini, S.IP, selaku Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan mengatakan OSS ini hadir guna mendekatkan diri kepada masyarakat Kabupaten Sanggau.

“Walaupun dalam pandemi covid ini ternyata antusias masyarakat sangat luar biasa, tidak hanya melaporkan datang langsung tetapi melalui WhatsApp dan melalui surat juga disampaikan kepada kami. Untuk itu karena antusias masyarakat kami coba untuk menjembatani, kami mencoba untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, makanya kami adakan ombudsman on the spot dan ini adalah yang ke 8 kali kami adakan,” ujarnya.

Beliau juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Sanggau khususnya kepada Bupati yang telah meningkatkan pelayanan dari zona merah langsung ke zona hijau.

“Kami sampaikan juga apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah Kabupaten Sanggau dalam hal ini terkait dalam permasalahan pelayanan publik kami menyadari permasalahan pelayanan publik ini merupakan PR kita bersama tapi saya yakin pak bupati dan jajaran punya komitmen yang kuat ini terlihat ketika di tahun 2018 waktu penilaian kepatuhan undang-undang 25 tahun 2009, Pemkab Sanggau itu masih masuk zona yang merah dengan kepatuhan yang rendah namun demikian mungkin jurus bapak Bupati di tahun 2019 langsung meningkat ke zona hijau, kami apresiasi yang seperti itu karena jarang sekali ada pemerintah Kabupaten yang kami nilai meningkat dari zona merah langsung ke zona hijau,” sambungnya.

Menanggapi adanya OSS ini, Bupati Sanggau mengaku senang kehadiran Ombudsman di Sanggau, dengan harapan Ombudsman bisa memberikan informasi untuk perbaikan Kab. Sanggau di masa yang akan dating.

“Saya pribadi senang kepada ombudsman bisa 3 hari ada disini sehingga masyarakat kita jika ada keluhan, ada harapan untuk pemerintah khususnya pemerintah Kabupaten Sanggau kita semua yang melayani masyarakat di sini mudah-mudahan mereka tidak segan untuk menyampaikan nya. Kita sudah melaksanakan semua yang kita inginkan di mall pelayanan publik ini kita terus mengembangkan inovasi, tetapi pada intinya seperti moto yang sudah kita sampaikan juga, kita ingin betul rakyat kita ini dapat terlayani dengan benar dan mendapkan informasi sesungguh sungguhnya dan cepat. Di Mall Pelayanan Publik ini semua urusan pelayanan masyarakat Sanggau dapat di jangkau dengan cepat dan mudah, inilah mimpi kita sejak lama memabngun MPP ini, kita belajar dari daerah-daerah luar yang sudah lebih berkembang, dan saya senang berkat dukungan seluruh OPD dan Forkopimda kekompakan ini membuahkan hasil Mall Pelayanan Publik ini. Mudah-mudahan kehadiran Ombudsman selama 3 hari di Kab. Sanggau ini membantu kita memberi informasi untuk perbaikan kita di masa yang akan dating,” ucapnya.

Selanjutnya Bupati Sanggau dan Perwakilan Ombudsman Kalbar saling bertukar cenderamata.

Penulis: Izar