Ngeri..! Januari - April 2021, Dinkes Sanggau Temukan 12 Kasus HIV

Ngeri..! Januari – April 2021, Dinkes Sanggau Temukan 12 Kasus HIV


POTO : Kabid P3 Dinkes Sanggau, Sarimin Sitepu (IST).

radarkalbar.com, SANGGAU –

Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau menemukan 12 kasus Human Immunodeficiency Virus (HIV) dalam kurun waktu  Januari-April 2021.

Diketahui HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P3) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sanggau, Sarimin Sitepu mengatakan Jika dibanding tahun 2020 lalu, angkanya kurang lebih, tapi di bulan yang sama.

” Tahun 2020 lalu yang meninggal tercatat 9 orang dari 63 orang yang positif,” ujarnya, Rabu (19/5/2021)

Ditambahkan, mengingat penyakit ini cukup beresiko tinggi pada kematian, Dinkes Sanggaupun tak mau lengah. Jika menukan kasus HIV, pihaknya secepatnya melakukan penanganan dan pengobatan.

“Untuk para pengidap HIV bisa langsung berobat ke RSUD MTh Djaman secara rutin. Dan obatnya adalah obat program yang memang disediakan pemerintah dan tidak dipungut bayaran alias gratis,” ungkapnya.

Disinggung terkait tingkat kepatuhan pengidap HIV yang saat ini menjalani pengobatan di RSUD MTh Djaman? Menurut Sarimin cukup disiplin dan   akan segera lebih baik.

“Saya bersyukur mereka disiplin menjalani pengobatan. Dan merekapun tetap kita awasi,” ungkapnya.

Dijelaskan, penularan HIV terjadi saat darah, sperma atau cairan vagina dari seseorang yang terinfeksi masuk ke dalam tubuh orang lain. Hal ini dapat terjadi melalui berbagai cara diantaranya melalui hubungan sex, donor darah dan penggunaan jarum suntik yang bergantian.

“Jadi, kami mengimbau kepada masyarakat tetap setia kepada satu pasangan. Jikapun melakukan hubungan gunakan kondom, dan hindari penggunanaan jarum suntik yang bergantian,” imbaunya.

Pewarta : Abin.
Editor    : Sery Tayan.


More Stories
Pembinaan Aparatur Desa dan BPD Plt. Kadis Pemdes, Alian : Jangan sampai Kepala Desa Berperan Sebagai Pengelola Langsung Kegiatan Fisik
Pembinaan Aparatur Desa dan BPD Plt. Kadis Pemdes, Alian : Jangan sampai Kepala Desa Berperan Sebagai Pengelola Langsung Kegiatan Fisik