Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sanggau Berikan Penyuluhan Lingkungan Hidup – Dinas Lingkungan Hidup

Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sanggau Berikan Penyuluhan Lingkungan Hidup – Dinas Lingkungan Hidup


Dalam rangka menjaga Lingkungan dari ancaman bencana alam serta menindaklanjuti Surat Kepala Desa Suka Gerundi Kecamatan Parindu Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau melakukan kegiatan Penyuluhan Lingkungan Hidup dan Mitigasi Bencana Alam terhadap petugas Tagana di Kantor Desa Suka Gerundi Kecamatan Parindu pada hari Rabu(29/07/21). Kegiatan penyuluhan ini langsung dipimpin oleh Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau Agus Sukanto, S.Hut yang didampingi oleh Kepala Bidang RTH dan Kehati H. Supardi, S.AP, MS.i serta beberapa Kasi di Lingkup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau. Turut hadir dalam kegiatan ini sebagai Narasumber adalah Kepala Bidang Pencegahan Bencana Rahmad dari BPBD Kab. Sanggau.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Parindu, Danramil Parindu, Kapolsek Parindu, Perangkat Desa Suka Gerundi serta seluruh petugas Tagana Desa Suka Gerundi.

Kepala Desa Suka Gerundi Sartono dalam kegiatan ini mengharapkan agar para narasumber dapat memberikan informasi terkait dengan Lingkungan Hidup dan Bencana Alam sehingga nantinya petugas tagana di Desa Suka Gerundi dapat memberikan penyuluhan langsung kepada masyarakat seperti menjaga lingkungan dari bahaya kebakaran hutan dan lahan.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau Agus Sukanto, S.Hut dalam pemaparannya menyampaikan pentingnya masyarakat untuk menjaga lingkungan agar keberlangsungan ekosistem dapat berjalan dengan baik “ menjaga lingkungan dapat dimulai dari rumah tangga seperti tidak membuang sampah pada tempatnya ke sungai, selokan dan parit yang nantinya akan menyumbat saluran air yang dapat mengakibatkan bencana banjir’ jelas Agus Sukanto, S.Hut.

Kepala Bidang RTH dan Kehati H.Supardi, S.AP, M.Si dalam kesempatan ini bersama-sama dengan Kepala Seksi Kehati Melyfauna Siagiaan, S.Hut atau Ully menyampaikan tentang pentingnya dilakukan penanaman pohon dalam rangka menjaga lingkungan tetap indah dan lestari serta terkait dengan aturan-aturan tentang pembakaran hutan dan lahan.

Dari Bidang Pengelolaan Hidup dimana dalam kegiatan ini diwakili oleh Kepala Seksi Penegakan Hukum Lingkungan Hidup Y. Antang P, ST.MM menyanpaikan beberapa regulasi perundang-undangan tentang lingkungan hidup yang menjadi pedoman bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 dalam pemaparan kegiatan penyuluhan lingkungan hidup disampaikan oleh Kepala Seksi Pengurangan dan Pemrosesan Akhir Sampah menyampaikan materi tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga sebagai Mitigasi Bencana dan Bank Sampah.

Dalam kesempatan ini pula dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan perlengkapan untuk Petugas Tagana Desa Suka Geundi berupa Kaos, Masker dan Sepatu Boat yang diserahkan oleh Camat Parindu.


More Stories
Laporan Isu Hoaks Harian Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Selasa, 23 Februari 2021 Keseluruhan