Bappeda Kabupaten Sanggau gelar Focus Group Discussion Penyusunan Rancangan Akhir Perubahan RPJMD Kabupaten Sanggau Tahun 2019 – 2024

Bappeda Kabupaten Sanggau gelar Focus Group Discussion Penyusunan Rancangan Akhir Perubahan RPJMD Kabupaten Sanggau Tahun 2019 – 2024


Sehubungan dengan penyusunan rancangan akhir perubahan RPJMD Kabupaten Sanggau Tahun     2019 – 2024, Bappeda Kabupaten Sanggau menggelar Focus Group Discussion yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 20 April 2021 bertempat di ruang rapat lantai II Bappeda Kabupaten Sanggau. Hadir pada kesempatan ini Kepala Bappeda Kabupaten Sanggau Ir. Yulia Theresia, Sekretaris Bappeda Kabupaten Sanggau Shopiar Juliansyah, SE, MM, para Kepala Bidang dan Kepala Sub Bidang dilingkungan Bappeda Kabupaten Sanggau, pihak konsultan, serta para undangan yang terdiri dari perwakilan dari Perangkat Daerah.

Kepala Bappeda Kabupaten Sanggau dalam pembukaan fgd menyampaian “Untuk mengingatkan kembali bahwa ini merupakan perubahan terakhir dokumen RPJMD untuk digunakan sampai pada tahun 2024. Oleh Karena itu harus dimaksimalkan termasuk pada kelengkapan data untuk segera disampaikan karena ini merupakan panduan untuk menyusun dokumen Renstra dan Renja Perangkat Daerah.”

Kegiatan dimulai dengan paparan rancangan akhir perubahan RPJMD Kabupaten Sanggau Tahun    2019 – 2024 yang disampaikan langsung oleh pihak konsultan.

Adapun yang menjadi dasar perubahan RPJMD Kabupaten Sanggau Tahun 2019 – 2024 adalah adanya perubahan kebijakan nasional dan provinsi antara lain:

  1. Perpres No.18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024
  2. Perubah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2018-2023, pada tahun 2020.
  3. Keputusan Presiden Republik Indonesia No.12 Tahun 2020 Tentang Penetapan Bencana Non Alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Sebagai Bencana Nasional.
  4. Perubahan Peraturan mendasar yang diberlakukan.

Tema Pembangunan RPJMD Kabupaten Sanggau setelah dilakukan perubahan adalah sebagai berikut:

Tahun 2022: Penguatan struktur ekonomi melalui aspek kesejahteraan masyarakat, daya saing dan pelayanan umum.

Tahun 2023: Penguatan kualitas Sanggau maju infrastruktur, pintar, sehat, bersih, tertib, terang dan budiman.

Tahun 2024: Pemantapan Sanggau bermartabat dan berdompu.

Setelah itu dilanjutkan dengan diskusi dengan perangkat daerah teknis untuk membahas indikator kinerja utama Kabupaten Sanggau. Sebagai rencana kerja tindak lanjut, Setiap perangkat daerah Kabupaten Sanggau selaku produsen data atau pengampu indikator pembangunan dalam dokumen perubahan RPJMD Kabupaten Sanggau diminta untuk segera menyerahkan data realisasi capaian pada akhir tahun 2019 dan 2020 kepada Bappeda Kabupaten Sanggau.




More Stories
Bupati Sanggau Mengikuti Pengarahan Presiden RI Kepada Kepala Daerah Se-Indonesia Secara Virtual
Bupati Sanggau Mengikuti Pengarahan Presiden RI Kepada Kepala Daerah Se-Indonesia Secara Virtual