Ayo ke Taman Ke Hati di Kota Sanggau – Dinas Lingkungan Hidup

Ayo ke Taman Ke Hati di Kota Sanggau – Dinas Lingkungan Hidup


Indonesia dikenal sebagai salah satu negara biodiversity paling kaya di dunia. Tercatat, sebanyak 10 persen atau lebih dari 25.000 jenis flora dunia terdapat di Indonesia. Sedangkan jenis fauna di Indonesia mencapai lebih dari 200.000 jenis, meliputi mamalia, burung, reptil, hingga serangga.

Namun, pertambahan populasi penduduk dengan meningkatnya aktivitas manusia telah mengakibatkan terjadinya peningkatan permintaan ruang yang bisa mengancam keseimbangan lingkungan. Ketika kualitas lingkungan menurun, ekosistem dan sumber daya alam hayati juga dapat terancam kelestariannya.

Untuk itu,  Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Lingkungan Hidup membangun Taman Keanekaragam Hayati (Kehati). Tujuan dari pembagunan taman Kehati itu sendiri adalah untuk menyelamatkan berbagai spesies tumbuhan asli/lokal yang memiliki tingkat ancaman sangat tinggi terhadap kelestariannya atau ancaman yang mengakibatkan kepunahan.

Taman Kehati di Kota Sanggau sendiri mempunyai luas kurang lebih 25 Hektar dengan berbagai ekosistem di dalamnya baik flora maupun fauna di dalamnya. Kepala Seksi Keanakeragaman Hayati Dinas Lingkungan  Hidup Kabupaten Sanggau Melfaulyna Siagian, S.Hut baru-baru ini mengungkapkan “ taman kehati di kota sanggau ini sudah dibangun oleh kerjasama dengan salah satu yayasan dari Jerman SFDP dengan Dinas Kehutanan untuk saat ini kita melanjutkan untuk memelihara dan merawat.” “ kedepan ada beberapa rencana yang akan kita seperti pembuatan gapura, pondok kerja yang permanen, perbaikan sarana dan prasarana seperti WC dan Gasebo serta beberapa pembangunan yang menunjang kenyaman pengunjung” tutur Ully.

Sementara itu Abang Diansyah salah satu Petugas Dinas Lingkungan Hidup yang sehari-hari bekerja memelihara Taman Kehati menambahkan apa yang disampaikan Oleh Kasi Kehati “   taman kehati ini merupayan upaya sebagai keberlanjutan keanekaragaman hayati, yang merupakan alternatif efektif memulihkan ekosistem, meningkatkan keanekaragaman hayati lokal, dan mendukung konservasi flora dan fauna di luar kawasan hutan” jelas Abang Diansyah.

Selain itu Abang Dinsyah mengajak kepada warga Kota Sanggau untuk berkunjung dab tamasya ke Taman Kehati “ taman kehati yang ada di Kota kita ini mari kita kunjungi, rekreasi dan piknik murah meriah bersama keluarga, sambil belajar mengenal berbagai flora dan fauna , bawa keluarga sambil makan di Taman Kehati luar biasa nikmatnya seperti hari ini kawan-kawan dari Dinas Lingkungan Hidup makan bersama di Taman Kehati nikmati rasanya” tutup Yayan.


More Stories
PELANTIKAN PENJABAT SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN SANGGAU
PELANTIKAN PENJABAT SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN SANGGAU