Dalam rangkaian kegiatan Pimpinan GIZ di Kab Sanggau, pada hari ke 3 dilaksanakan kunjungan ke Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS  ) Parindu, yang merupakan produsen benih unggul kelapa sawit. Mr. Ralf Sanftenberg dan Staf didampingi Kepala Disbunnak Kab Sanggau diterima langsung oleh Manager PPKS Parindu Andi Damanik di aula Kantor PPKS Parindu. (Jum’at, 27 September 2024)

Pada kesempatan tersebut Tim GIZ mendapat penjelasan langsung ruang lingkup bisnis PPKS dan secara khusus Proses produksi benih kelapa sawit unggul sejak dari proses seleksi kebun induk, proses penyerbukan terkontrol, cara panen buah, proses perontokan dan pembersihan buah,grading biji/kernel, pemberian hologram/label,proses perkecambahan dan pengepakan.  Proses yang panjang dan terkendali merupakan upaya untuk menjamin benih yang dihasilkan merupakan benih yang unggul dan berkualitas, jelas Andi.

Pada kesempatan tersebut Kadisbunnak Kab Sanggau menyampaikan bahwa PPKS merupakan perintis penyedia benih unggul untuk Kab Sanggau bahkan Provinsi Kalbar, dan sampai sekarang merupakan salah satu penyedia benih untuk program peremajaan kelapa sawit rakyat ( PSR ).  Pada kesempatan diskusi pihak GIZ menanyakan selain menyediakan benih apakah ada bentuan lain yang dapat diberikan PPKS kepada para pekebun, yang dijawab oleh Andi bahwa mereka juga siap memberikan pelatihan tentang GAP dan BMP.  Pada kesempatan ini Tim GIZ dibawa Pak Andi meninjau areal kebun induk dan calon pohon induk di lahan PPKS Parindu, dan kegiatan diakhiri dengan ramah tamah dan makan siang bersama.


DPP
Share.
Exit mobile version