Senin, 02 September 2024, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau melaksanakan pelatihan ISPO untuk pekebun swadaya dalam rangka persiapan dari pekebun untuk melaksanakan Sertifikasi ISPO (Indonesia Sustainable Palm Oil) dengan narasumber dari Lembaga Pelatihan ISPO, PT Titian Karsa Mandiri. Peserta kegiatan ini dikhususkan untuk pekebun yang memiliki kebun kelapa sawit karena kegiatan ini dilaksanakan menggunakan Dana Bagi Hasil Sawit.

Kegiatan ini dilaksanakan di dua lokasi dengan 4 (empat) Koperasi Produsen. Koperasi Produsen Utok Bunuo dan Koperasi Produsen Marja Sawit Mandiri pelaksanaannya dilakukan di Ruang Pertemuan Kantor Desa Hibun, selama 3 (tiga) hari, tanggal 02 September 2024 – 04 September 2024. Koperasi Produsen Unit Desa Ngudi Luhur dan Koperasi Produsen Unit Desa Permai dilaksanakan di Ruang Pertemuan Koperasi Produsen Unit Desa Ngudi Luhur, Selama 3 (tiga) hari, tanggal 05 September 2024 – 07 September 2024.

Pelaksanaan kegiatan di lokasi pertama dibuka oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau, Ibu Emiliana, SP, MM dan dilanjutkan dengan paparan materi Kebijakan Umum Pembangunan Kelapa Sawit, dan materi Pengembangan Sumber Daya Manusia, Penelitian Dan Pengembangan, Peremajaan, Serta Sarana Dan Prasarana Perkebunan Kelapa Sawit. Materi Selanjutnya disampaikan oleh Tim dari Lembaga Pelatihan ISPO yang berisi tentang pentingnya Sertifikasi ISPO bagi pekebun kelapa sawit swadaya. Pelatihan ISPO dilaksanakan dengan memberikan penjelasan dan pemahaman kepada petani tentang Prinsip dan Kriteria ISPO dalam pemenuhan persyaratan sertifikasi ISPO. Pada pelaksaan pelatihan ISPO di lokasi kedua, kegiatan di buka oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau, Bapak H. Syafriansyah, SP, MM dilanjutkan oleh pemateri dari Lembaga Pelatihan ISPO.

Pekebun menyambut dengan baik dan antusias mengikuti setiap sesi kegiatan serta berterima kasih karena dengan terlaksananya pelatihan ISPO ini pekebun kelapa sawit mendapatkan informasi penting terkait hal-hal yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan sertifikasi ISPO.

 


DPP
Share.
Exit mobile version