//DISKOMINFO – SANGGAU//

SANGGAU – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Staf Ahli Kepala BNPB Mayjen. Denny Herman menghadiri sekaligus memberikan bantuan logistik dan peralatan penanganan darurat bencana banjir dan longsor untuk Pemerintah Kabupaten Sanggau. Kegiatan bertempat di Ruang Daranante Kantor Bupati Sanggau Kabupaten Sanggau. Kamis (12/9/2024).

Mayjen Denny Herman mengatakan, kehadiran dirinya bersama tim BNPB untuk mewakili Kepala BNPB untuk meninjau dan memberikan dukungan penanganan bencana yang terjadi di wilayah Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat beberapa waktu lalu.

“Untuk memastikan penanganan dari bencana di Kabupaten Sanggau di Provinsi Kalimantan Barat yang diakibatkan curah hujan tinggi, maka terjadi lonsor dan banjir,” katanya usai memberikan bantuan secara simbolis kepada Penjabat Bupati Sanggau.

BNPB hadir sekaligus untuk memberikan dukungan penanganan darurat kepada pemerintah daerah yang wilayahnya terjadi bencana. Ia juga mengungkapkan pihaknya memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau dalam dukungan logistik dan pra sarana operasional Siaga Darurat Bencana.

“Logistik dan peralatan yang kita berikan kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau diantaranya paket sembako sebanyak 300 paket, telur omega 2.500 butir, makanan siap saji 300 paket, matras 300 lembar, selimut 300 lembar, kasur lipat 50 unit, veltbed 30 unit, tenda pengungsi 2 unit, tenda keluarga 50 unit, pompa alkon 5 unit, pompa apung 3 unit, penjernih air portabel bio H2O 5 unit, genset 2 unit, light tower 2 unit, perahu karet plus mesin 1 unit, toolkit darurat 30 unit, dan juga 1 unit mobil dapur umum,” jelasnya.

Ini merupakan wujud perhatian dari pemerintah pusat pada pemerintah daerah terkait dengan bencana.

“Jadi kami khusus diperintahkan Kepala BNPB memberikan bantuan dalam rangka penanganan banjir dan pada intinya bantuan khusus Pemerintah Daerah Sanggau. Nah, untuk bantuan alat pra sarana di BPBD Kabupaten Sanggau sudah ada di provinsi, sekarang sedang dikoordinasikan karena ada beberapa administrasi yang harus dilengkapi untuk alat – alat yang akan di tindaklanjuti untuk BPBD kabupaten Sanggau,” Kata Staf Ahli Kepala BNPB Mayjen Denny Herman.

Di tempat yang sama Penjabat Bupati Sanggau Suherman, S.H, M.H., mengatasnamakan Pemerintah Kabupaten Sanggau mengucapkan terima kasih kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang mana sudah memberikan bantuan sarana dan pra sarana kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau.

“Tentunya ini sangat berarti bagi Pemerintah Kabupaten Sanggau, dalam rangka ketika ada bencana kita bisa bergerak cepat dan peralatan di BPBD Kabupaten Sanggau sudah mulai lengkap dan bantuan BNPB ini,” katanya.

“Nah tentunya ini tidak akan kita lakukan dengan baik apabila BNPB tidak memberikan bantuan kepada kita. Dan kami sangat bersyukur dan merasa terbantu dengan adanya bantuan ini,” lanjut Pj.Bupati Sanggau, Suherman.

Ia melanjutkan dengan adanya bantuan dari BNPB tersebut pihaknya akan melakukan monitoring baik itu di kabupaten atau di kecamatan terkait kebutuhan alat sarana dan pra sarana tersebut.

Pj. Bupati Sanggau, Suherman juga mengingatkan dan mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat di wilayah Kabupaten Sanggau, masih dalam musim hujan dan masih ada potensi terjadinya banjir serta tanah longsor sehingga perlu adanya peningkatan kewaspadaan.

“Yang perlu kita waspadai potensi curah hujan masih ada, berpeluang adanya banjir dan longsor. Langkah – langkah mitigasi dan pencegahan adalah prioritas, sehingga ke depan tidak terjadi hal yang sama, seandainya bencana terjadi tidak ada dampak yang signifikan,” tuturnya.

Selain itu pentingnya menjaga alam sebagai salah satu upaya pencegahan dampak bencana sangat perlu dilakukan.

“Agar aliran sungai tidak diganggu tapi dirawat, tanggul yang rusak diperbaiki, jika ada pohon yang menghambat aliran sungai segera disingkirkan,” pungkas Pj Bupati Sanggau, Suherman.

Hadir dalam kegiatan serah terima bantuan, Pj.Bupati Sanggau Suherman, Staf Ahli Kepala BNPB Mayjen Denny Herman, Kasubdit Fasilitasi dan Penyelamatan dan Evakuasi BNPB Gatot Satria Wijaya, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau Epifania Ratih Kumala Dewi, Kepala BPBD Kabupaten Sanggau Budi Darmawan, Kasi tanggap darurat BPBD Kabupaten Sanggau, Sigit Purnomo, Kasdim 1204 Sanggau Mayir Inf Duloh, Plh. Kejaksaan Negeri Sanggau Budi Susilo, OPD Kabupaten Sanggau, dan Anggota BPBD Kabupaten Sanggau.

Penulis     : Rizky Kurniyawan

Editor       : E.A.Lusy


Share.
Exit mobile version