Polres Sanggau – Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K diwakili Kapolsek Parindu Ipda H. Pintor Hutajulu menghadiri kegiatan Panen Padi Musim Tanam (MT) Gadu’ di Gapoktan Tani Hayo di Dusun Baharu Desa Sebarra Kecamatan Parindu Kabupaten Sanggau.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pj. Bupati Sanggau Suherman, SH, MH, Dandim 1202/Sangggu diwakili oleh Kasdim Mayor Arm. Duloh, Kadis Ketahanan Pangan Holtikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau Kubin SP, M. Si., Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekertaris Daerah Kabupaten Sanggau Drs. Paulus Usrin, M.Si., Kepala Satpol PP Kabupaten Sanggau Suhendra, S. Sos., Camat Parindu Darmikus Heri S.sos, Danramil Parindu Lettu Inf. Joko Budi, Camat Kapuas Laurianus Yoka, SH., MH., Ketua Gakpoktan Tani Hayo Sdra. Heri beserta kelompok tani/Gakpotan Tani Hayo.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Sanggau mengatakan bahwa sektor pertanian masih merupakan salah satu sektor yang menjadi prioritas pembangunan Kalimantan Barat khusus Kabupaten Sanggau, mengingat cukup besarnya peluang dan potensi sektor ini yang masih dapat dikembangkan dan di dayagunakan untuk meningkatkan produktivitas padi dan efisiensi usaha tani terus dilakukan untuk memenuhi ketersediaan pangan dan meningkatan pendapat petani.

Langkah cepat yang dapat dilakukan untuk meningkatan produksi padi tahun 2024 khususnya di Kabupaten Sanggau ditengah iklim yang berubah ubah adalah melalui percepatan olah tanah dan tanam padi dengan menfaatkan sisa air atau potensi air sungai yang ada, dan hal itu sudah kita lakukan di kelompok tani ensuma di desa Meringin Jaya Kecamatan Parindu pada tanggal 1 April 2024 lalu.

“Dan pada hari ini kita melaksanakan “Panen Padi Musim Tanam (MT) Gadu” di Gapoktan Tani Hayo Desa Suka Gerundi Kecamatan Parindu, Kegiatan ini menjadi momen penting dalam upaya meningkatkan produksi pangan dan upaya pengendalian inflasi di Kabupaten Sanggau. Pada tahun 2023 produksi padi Kabupaten Sanggau 64.524 ton (GKG), dengan varietas-varietas unggul yang baru dan beragam yang baru kita panen pada hari ini kita berharap adanya peningkatan produksi ditahun 2024,” ungkap Suherman.

Pj. Bupati Sanggau mengatakan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau sangat mengapreasisi kesungguhan petani dikabupaten Sanggau khususnya petani di Kecamatan Parindu dalam menggerakan pertanian sawah atau menanam padi.


“Antusias petani sanggat penting bagi Pemerintah Daerah dalam menjaga ketersediaan pangan bagi masyarakat, juga menjadi prioritas dalam pengendalian inflasi dan menjaga stabilitas harga bahan-bahan kebutuhan pokok di pasaran lokal,” katanya.

“Terima kasih kepada para petani di sini yang telah memanfaatkan bantuan pemrintah dengan sangat baik, sehingga pada hari ini telah mendapatkan hasil panen yang sangat bagus, kita saksikan bersama pada hari ini areal sawah yang menguning dengan butir-butir padi yang sangat bagus,” terang Suherman.

Peran penyuluh pertanian sangat menentukan keberhasilan pembangunan pertanian, penyuluh pertanian adalah orang yang bertugas dalam memberikan dorongan kepada petani agar mampu mengubah cara pikir, cara kerja dan cara hidup lebih sesuai dengan perkembangan baik pengetahuan budidaya maupun teknologi.

“Saya berharap disini ketua gapoktan Tani Hayo untuk dapat membuat kolam ikan dan saya mohon kepada kadis terkait untuk dibantu bibit ikanya artinya disini tidak satu komuditi saja dengan tujuan kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi,” tukas Suherman.

Lahan padi sawah “Gapoktan Tani Hayo” Desa Suka Gerundi Kecamatan Parindu untuk panen padi musim tanam (MT) gadu Padi yang di panen terdiri berbagai varietas yaitu Varietas Semanik, Varietas Purnama Borneo dan Varietas Hibrida BCA dengan Luas hamparan yang siap panen adalah 4,80 Ha sedangkan total luasan hamparan adalah 22,30 Ha.

Pelaksanan Panen Padi Musim Tanam (MT) Gadu’ di Gapoktan Tani Hayo dalam rangka pengendalian inflasi tingkat daerah dalam ketersediaan pemenuhan pangan sebagai bagian penting dalam upaya pengendalian inflasi.


Share.
Exit mobile version