//DISKOMINFO – SANGGAU//

SANGGAU – Pemerintah Kabupaten Sanggau melaksanakan upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 116 tahun 2024 yang di hadiri seluruh Perangkat Daerah dan Forkompinda dilaksanakan secara simbolis dengan pengibaran bendera dan dipimpin langsung oleh Penjabat (PJ) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H., dikarenakan cuaca hujan yang cukup deras, bertempat di Kantor Bupati Sanggau, Kabupaten Sanggau. Senin (20/05/2024).

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 116 yang di peringati pada 20 Mei setiap tahunnya. Merupakan momen penting bagi bangsa Indonesia untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan. Semangat kebangkitan nasional di gagas oleh Boedi Utomo pada tahun 1908 menjadi tonggak sejarah awal pergerakan nasional Indonesia.

Hari Kebangkitan Nasional ke 116 tahun 2024 ini mengangkat tema “Bangkit Untuk Indonesia Emas”. Pada kesempatan tersebut PJ Bupati Sanggau, Suherman lebih menekankan pada penurunan angka stunting demi mewujudkan generasi emas sesuai dengan program utama pemerintah.

“Oleh karena itu kita perlu menyiapkan generasi Indonesia, khususnya generasi di Kabupaten Sanggau sejak dini kita persiapkan. Nah itu salah satu program dari pemerintah adalah mewujudkan generasi emas dalam menyongsong Indonesia Emas adalah memberantas penurunan angka Stunting,” katanya.

Karena itu ada angka korelasinya ketika anak – anak sekarang berada di zona stunting. Maka diperkirakan di tahun 2045 akan susah merebut Indonesia Emas pada saat itu.

Ia mengatakan pada Hari Kebangkitan Nasional ke 116 tahun 2024 ini Kementerian Kominfo menjadikan Harkitnas ini sebagai momentum.

“Hari ini Menteri Kominfo mengingatkan kita terkait dengan sejarah bangsa kita, di mana ada Boedi Utomo, ada semangat ibu RA Kartini. Nah semangat ini akan kita jadikan momentum ke depan seperti apa salah satunya menekan angka Stunting di Kabupaten Sanggau khususnya,” ujarnya.

Dalam penekanan angka stunting di Kabupaten Sanggau, PJ Bupati Sanggau Suherman mengungkapkan, pihak dari pemerintah daerah harus tetap optimis, Presiden secara simultan baik itu dari pemerintah pusat, provinsi sampai kabupaten / kota menghimbau semua kepada pemerintah daerah untuk ikut berpartisipasi dalam rangka penurunan angka stunting di daerah.

“Dalam menekan angka stunting kita akan memberikan makanan tambahan yang pasti data kita sudah ada. Secara berjenjang melakukan itu di program – program di beberapa OPD. Nah Kabupaten Sanggau juga sudah menetapkan adanya orang tua asuh untuk stunting, itu sudah diperkuat oleh Keputusan Bupati,” ungkapnya

“Yang perlu di garis bawahi dalam Harkitnas ini adalah sebagaimana yang telah di sampaikan oleh pak Menteri Kominfo dalam sambutannya bahwa semangat Boedi Utomo, semangat ibu RA Kartini itu yang kita jadikan dasar. Itu pada tahun saat itu ya semangatnya seperti itu. Jadi kita pada saat sekarang ini bagaimana agar lebih semangat lagi dari mereka pada tahun zaman Boedi Utomo dan Ibu Kartini,” sambungnya.

Penulis  : Rizky Kurniyawan

Editor     : E.A.Lusy


Share.
Exit mobile version