TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – PJ Bupati Sanggau Suherman membuka kegiatan musyawarah adat (Musdat) Dewan Adat Dayak (DAD) VII Kabupaten Sanggau tahun 2024 di Rumah Betang Raya Dori Mpulor Sanggau, Kalimantan Barat, Sabtu 18 Mei 2024. Agenda Musdat diantaranya adalah pemilihan Ketua DAD Kabupaten Sanggau periode 2024-2029.

“Pertama saya mengapresiasi kepada panitia Musdat DAD Kabupaten Sanggau yang ke-7 tahun 2024 atas terselenggaranya pelaksanaan Musdat ini. Tentunya kami juga mendukung bahwa organisasi kemasyarakatan termasuk DAD merupakan bagian dari unsur yang perlu menjadi mitra pemerintah daerah,” katanya, Sabtu 18 Mei 2024.

Suherman berharap kepada ketua terpilih nantinya siapa pun dia agar agar betul-betul bisa membawa dan memajukan organisasi kedepannya.

Buka Musda DPD MPM, Pj Bupati Sanggau Sampaikan Harapan Pemerintah

“Kemudian menjadi organisasi modern serta bisa tetap terus berkomitmen bermitra dengan Pemerintah daerah, dengan rangka mewujudkan masyarakat yang sejahtera khususnya masyarakat Kabupaten Sanggau dan lebih khusus lagi masyarakat dayak,” tuturnya.

Terkait kesejahteraan masyarakat, paling tidak DAD berkontribusi membantu Pemerintahan daerah dalam hal penurunan angka kemiskinan dan penurunan angka stunting di Kabupaten Sanggau. Pada kesempatan itu juga PJ Bupati Sanggau memberikan bantuan kepada panitia Musdat.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Adat Dayak Kabupaten Sanggau Yohanes Ontot menyampaikan banyak hal yang sudah dilakukan.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah daerah yang mensupport serta memberikan bantuan-bantuan kepada lembaga DAD, sehingga lembaga ini semakin bagus.

“Lembaga yang bagus ini bukan berarti dia harus hanya sekedar menerima, tetapi kita hargai betul pejabat Pemerintah yang sudah membantu kita selama ini. Saya berharap memang kerjasama Pemerintah dengan DAD ini harus kita sinergikan setiap saat, karena bagaimanapun Kabupaten Sanggau ini merupakan bagian dari masyarakat adat dayak,” katanya.

Ontot juga mengucapkan terima kasih kepada Pejabat Bupati Sanggau yang hari ini sudah memberikan dukungan dan material kepada Panitia penyelenggara.

“Tahun lalu kita merasakan dukungan Pemerintah ini banyak, tidak terhitung terutama dalam pembangunan infrastruktur rumah betang, dalam berbagai event-event kegiatan juga. Baik kegiatan budaya dan kegiatan pelaksanaan atau pengembangan hukum adat yang hari ini sedang berjalan luar biasa,” ujarnya.

Yohanes Ontot berharap kepada Pj Bupati Sanggau akan melanjutkan ini.

“Dan harapan saya kepada pak Pj Bupati, tahun 2025 nanti dianggarkan untuk renovasi rumah betang ini. Mudah-mudahan bisa terwujud,” harapnya.

Pada Kesempatan yang sama Ketua panitia Musdat VII Dewan Adat Dayak Kabupaten Sanggau, Yuvenalis Krismono menyampaikan bahwa Musdat yang dilaksanakan ini adalah untuk melaporkan pertanggungjawaban pengurus DAD periode 2019-2024 dan dilanjutkan dengan pemilihan ketua Umum Dewan Adat Dayak Kabupaten Sanggau periode 2024-2029.

“Harapan kita pemilihan ketua umum DAD Sanggau dapat terlaksana dan berjalan dengan baik. Siapa pun yang menjadi ketua umum dapat memimpin DAD Kabupaten Sanggau serta dapat bekerjasama dengan ormas, masyarakat yang ada di Kabupaten Sanggau serta pemerintah terutama pemerintah Kabupaten Sanggau,” pungkasnya.

Hadir juga Ketua DPRD Kabupaten Sanggau, Jumadi, Perwakilan dari Polres Sanggau, Kodim 1204/Sanggau, dan para peserta Musdat serta pengurus DAD dan undangan lainnya, PDKS dan P2D. (*)

Dapatkan Informasi Terkini dari Tribun Pontianak via SW DI SINI

Ikuti Terus Berita Terupdate Seputar Kalbar Hari Ini Di sini




Share.
Exit mobile version