Bupati Sanggau Ekspose Kabupaten Sanggau Kepada Praja IPDN Kampus Kalbar

Bupati Sanggau Ekspose Kabupaten Sanggau Kepada Praja IPDN Kampus Kalbar


//Diskominfo Sanggau//

Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si., melakukan ekspose Kabupaten Sanggau di IPDN Kampus Kalbar, Kabupaten Mempawah, Selasa (6/2/2024).

Adapun dalam ekspose tersebut, Yohanes Ontot menyampaikan gambaran Kabupaten Sanggau berupa letak geogafis, kultur dan budaya masyarakat yang terjalin aman, damai sejahtera antar sesama.

Tujuan dalam memberikan ekspose tersebut merupakan pembekalan bagi Praja IPDN Kampus Kalbar yang akan melaksanakan magang di Kabupaten Sanggau.

Yohanes Ontot mengatakan bahwa Kabupaten Sanggau memiliki luas 12,857km2, terdiri dari 15 Kecamatan, 163 Desa, 6 Kelurahan dan 885 Dusun.

“Sanggau ini letak nya sangat strategis, karena Sanggau itu berada di tengah-tengah Provinsi Kalimantan Barat, terutama di bagian utara, kita berbatasan langsung dengan Negara tetangga yaitu Serawak Malaysia dan juga Kabupaten Bengkayang, kemudian di bagian Barat kita berbatasan dengan Kabupaten Landak dan Kubu Raya, di bagian Timur berbatasan dengan Kabupaten Sintang dan Sekadau, dan di Selatan berbatasan dengan Kabupaten Ketapang,” ujarnya.

Berbatasan dengan Malaysia tentu membeikan dampak yang positif, terutama dari sisi ekonominya, ekspor/impor hasil alam tentu dapat meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya di Kecamatan Entikong dan Sekayam, katanya.

“Selain itu juga masyarakat Kabupaten Sanggau hidup harmonis, kita memiliki banyak sekali suku, yang mana setiap tahun nya kita pasti melaksanakan festival-festival budaya dari setiap suku dan itu disupport oleh Pemerintah, sehingga bagaimana caranya kita membuat Sanggau ini layaknya sebagai kampung halaman bagi para pendatang yang bukan asli Sanggau,” sambungnya.

Beliau berharap para Praja yang akan magang di Kabupaten Sanggau akan merasa betah dan dapat melaksanakan pendidikan nya, sehingga selesai magang akan mendapatkan pengalaman yang baik sehingga nantinya akan menjadi bekal ketika lulus.