Musrenbang RKPD Kabupaten Sanggau di Kecamatan Toba, Ini Kata Bupati Sanggau

Musrenbang RKPD Kabupaten Sanggau di Kecamatan Toba, Ini Kata Bupati Sanggau


//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Bupati Sanggau, Yohanes Ontot membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sanggau di Kecamatan Toba. Rabu (31/1/2024).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sanggau, Yohanes Ontot musyawarah rencana pembangunan tingkat kecamatan merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat kecamatan untuk mendapatkan informasi dan masukan program kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang didasarkan pada masukan dari hasil musrenbang tingkat desa agar tercapai kesepakatan rencana program kegiatan lintas desa/kelurahan di kecamatan.

“Musrenbang merupakan tahapan formulasi kebijakan guna mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk merumuskan permasalahan kebijakan dan mencari berbagai alternatif solusi kebijakan. kegiatan formulasi kebijakan sebagai inti dari proses pembuatan kebijakan publik meliputi pengkajian masalah kebijakan, penentuan tujuan, pengembangan alternatif, pembuatan model, penentuan kriteria penilaian, penilaian alternatif dan perumusan rekomendasi yang selanjutnya tertuang dalam berita acara,” jelas Bupati Sanggau, Yohanes Ontot.

Lanjut disampaikan Bupati Sanggau bahwa capaian indikator makro menjadi bahan refleksi sekaligus referensi bagi kita bersama yang mengharuskan tetap optimis merumuskan formulasi kebijakan perencanaan pembangunan daerah yang prospektif, realistis, akuntabel dan transparan.

“Optimisme menjadi instrumen utama para pihak dan pioner perencana untuk menghasilkan perencanaan yang berkualitas. Tema pembangunan Kabupaten Sanggau Tahun 2025 adalah “Penguatan daya saing daerah, kesejahteraan masyarakat dan pelayanan umum” untuk menuju Sanggau yang permai, bermartabat, maju dan berkelanjutan maka prioritas pembangunan Tahun 2025 adalah: pertama; meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur dasar, kedua; meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing, ketiga; meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan yang baik dan keempat; meningkatkan pemberdayaan ekonomi berkelanjutan,” ucap Bupati Sanggau.

“Untuk itu, saya berharap kita semua kerja cepat, kerja tepat, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja berkualitas menyusun program kegiatan dan sub kegiatan perencanaan pembangunan daerah berbasis Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Republik Indonesia (SIPD-RI),” tegasnya.