Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau Terbaik 1 Nasional Kabupaten/Kota se Indonesia Program TPBIS Tahun 2023 – DISARPUS

Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau Terbaik 1 Nasional Kabupaten/Kota se Indonesia Program TPBIS Tahun 2023 – DISARPUS


Awarding, Salam Literasi
Perpusda Kab Sanggau Terbaik 1 Nasional Kabupaten / Kota se Indonesia Program TPBIS Th 2023
Peer Learning Meeting (PLM) Nasional merupakan kegiatan sharing knowledge dan berbagi pengalaman dalam Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS). Pada tahun ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sanggau melalui Perpustakaan Daerah berhasil meraih terbaik nasional dalam menjalakan program perpustakaan nasional tersebut. Prestasi ini diraih setelah melibatkan masyarakat dalam berbagai kegiatan masyarakat, Perpustakaan Daerah juga mampu bersinergi dengan Stakeholder untuk mendukung program dalam bentuk dukungan anggaran, mitra dalam kegiatan, dukungan narasumber sehingga mampu mereplikasi program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial kepada 63 Desa/Kelurahan dalam 2 tahun terakhir, hal ini tentunya tak lepas dari dukungan penuh Bupati Sanggau Bapak Paolus Hadi dan juga Bunda Literasi Kabupaten Sanggau Ibu Arita Apolina.
Selain Perpustakaan Dearah Kabupaten Sanggau PLM nasional kali ini diikuti juga peserta dari perpustakaan Desa Sebuduh Kecamatan Kembayan, Perpustakaan Desa Pedalaman Kecamatan Tayan Hilir, Perpustakaan Desa Balai Sebut Kecamatan Jangkang dan Perpustakaan Desa Sungai Ilai Kecamatan Beduai. Untuk nominasi Inovasi Layanan Digital terbaik berhasil di raih oleh Perpustakaan Desa Pedalaman, dan nominasi Empowering Impact terbaik di raih oleh mitra Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau yaitu Peternak Madu Kelulut Bapak Haris Hidayat.
Setelah 2 tahun menjadi mitra Perpusnas RI dalam program ini Pengunjung Perpustakaan Daerah semakin meningkat sehingga pelayanan terus di tingkatkan baik dari jenis pelayanan maupun koleksi baik konvensional maupun digital serta ber inovasi untuk mencapai layanan yang menarik dan praktis.
Tahun ini, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia mengadakan kegiatan ini di Alana Hotel dan Convention center Jogjakarta dari tanggal 22-24 September 2023. PLM Nasional kali ini mengusung tema “Menguatkan Literasi Menuju Masyarakat Sejahtera melalui Perpustakaan Kreatif dan Inovatif”. Melalui sambutannya Gubernur Yogyakarta Sri Sultan mengajak seluruh masyarakat mengubah mindset mengenai perpustakaan dari “kata benda” semata menjadi “kata kerja”. Menurutnya, secara hakikat perpustakaan bersifat penuh dinamika dan bergerak progresif untuk maju. PLM nasional 2023 di ikuti lebih dari 1000 peserta sari seluruh Perpustakaan Provinsi, Kabupaten/Kota dan Desa/Kelurahan. Salam Literasi.