Wakil Bupati Sanggau Buka Rakor SI PAK RT

Wakil Bupati Sanggau Buka Rakor SI PAK RT


//Diskominfo Sanggau//

SANGGAU, Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si, membuka Rapat Koordinasi Sistem Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Tetangga (SI PAK RT), bertempat di Aula Kantor Camat Kapuas, Rabu (13/09/2023).

Pada kesempatan itu, Sekretaris Camat Kapuas, Laurianus Yoka, SH, mengatakan bahwa adanya Rakor ini merupakan tindak lanjut hasil dari studi banding RT yang pernah dilakukan di Kota Batam beberapa waktu yang lalu.

“Setelah saya bertemu dengan beberapa ketua RT yang ada di Kecamatan Kapuas, ternyata masih ada kendala dalam koordinasi antar RT di setiap kelurahan, artinya selama ini memang koordinasi antar RT di setiap kelurahan belum berjalan dengan baik, untuk itu hari ini Saya bersama Pak Camat mengumpulkan seluruh ketua RT di Kapuas ini, dengan harapan bisa terlaksananya kegiatan pembangunan dan pemberdayaan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan yang partisipatif untuk kedepannya,” ujarnya.

Kemudian pada kesempatan itu, Yohanes Ontot, menegaskan kepada Sekretaris Camat Kapuas untuk benar-benar menyelesaikan regulasi yang diharapkan, sehingga apa yang diharapkan dapat di realisasikan.

“Kami Pemerintah Daerah sangat mendukung seluruh RT di Kabupaten Sanggau ini, karena kalau kita lihat sendiri, seorang ketua RT itu bekerja dengan hati dan sukarela. Bahkan jika di ingat waktu saya menjadi camat dulu, RT itu Saya yang melantik, artinya begitu pedulinya dan sangat menghargai para ketua RT ini,” katanya.

“Saya melihat apa yang disampaikan oleh Pak Yoka tadi, ini sangat baik, tetapi perlu saya tekan kan, bahwa pelajari benar-benar regulasi yang mendasari apa yang diprogramkan ini, sehingga apa yang di harapkan bisa di terapkan kedepannya,” sambungnya.

Beliau juga mengatakan, bahwa jika program ini bisa berjalan baik, maka akan memberikan manfaat yang baik juga.

“Kalau kita dengar apa yang dicita-citakan dari program ini, tentu akan memberikan dampak yang baik untuk kedepannya, terutama bagi kemajuan Pemerintah Daerah, karena kita tau, kita membangun suatu daerah itu tentu dari tingkat bawah dulu. Salah satu yang bisa kita dapatkan dari program ini yaitu Meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi program kerja antar RT, kemudian dari sisi kemasyarakatan dapat mingkatkan peran serta masyarakat dalam program pembangunan dan pemberdayaan,” tegasnya.