Peningkatan Kapasitas Kader Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU) Kabupaten Sanggau Tahun 2023 – DISPEMDES

Peningkatan Kapasitas Kader Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU) Kabupaten Sanggau Tahun 2023 – DISPEMDES


//DPMPEMDES-SANGGAU//

SANGGAU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Bidang Pemberdayaan Kabupaten Sanggau Menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU) Kabupaten Sanggau Tahun 2023, bertempat di Aula Hotel Meldy Sanggau. Senin (04 s/d 09 September 2023).

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP., M.Si yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupten Sanggau Ginting, S.Si.Apt, MKM sekaligus membuka kegiatan tersebut. Hadir juga para narasumber, Ketua TPPKK Kab. Sanggau Arita Apolina, S.Pd., M.Si, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Sanggau Henny Lorryda Yuliana AS, SAP., M.Si, Sekretaris DPMPEMDES Kabupaten Sanggau Eddy Santana, S.STP

Pada kegiatan tersebut ada beberapa poin yang dibahas yaitu mengenai Peran Kader POSYANDU dalam kegiatan PKK dan Penanganan Stunting, Kebijakan Pemkab Sanggau dalam rangka meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Peran Pemerintah Desa dalam Pelaksanaan Kegiatan Posyandu, Tugas dan Fungsi Kader dalam Pengelolaan POSYANDU.

Bupati Sanggau, yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau berharap kemandirian serta keaktifan kader Posyandu dalam penyelenggaraan Pemerintah Desa.

“Sesuai dengan Visi Bupati Sanggau yaitu “Sanggau Maju Dan Tersepan” maka saya berharap agar desa kedepannya harus dapat maju dan mandiri, sesuai dengan cita-cita kita bersama. Saya berharap partisipasi dan semangat gotong royong masyarakat khususnya Kader Posyandu pda hari ini untuk membangun desanya demi meningkatkan SDM di desa nya masing-masing,” pungkasnya.

Dalam sambutannya, beliau juga berharap agar Para Kader ini dapat terlibat langsung dalam penyelenggaraan pemerintah di desa nya.

“Sebagai Kader Posyandu, saya berharap kalian dapat ikut berperan dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat dan keluarga dengan lebih meningkatkan kesehatan ibu dan anak melalui kegiatan POSYANDU. Pesan saya dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai seorang kader posyandu untuk lebih aktif berkomunikasi dan berkoordinasi dengan unsur pemerintahan desa, lembaga kemasyarakatan desa dan tokoh masyarakat,” ujar beliau.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sanggau juga menyampaikan bahwa pentingnya penyampaian kembali edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya kesehatan

“Kalau kita ingin menuju Indonesia sehat, Sanggau yang sehat, harus tetap konsisten dalam penanganan nya agar yg sakit segera kita atasi dan yg sehat kita jaga agar tetap sehat. Kami sebagai pelopor atau pihak yang bertanggungjawab ini harus melakukan Re-edukasi kepada kader posyandu,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau menyampaikan beberapa materi mengenai program pengembangan di Posyandu untuk para Kader Posyandu. Beliau berpesan agar para Kader selalu memperhatikan program kegiatan yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan desanya.

“Untuk para Kader harus teliti dan selalu melakukan monitoring serta identifikasi mengenai potensi maupun masalah yg ada di desa nya. Hal itu dapat memudahkan kita dalam membantu penyelenggaraan pemerintah desa. Begitu pula peran Kader Posyandu dalam Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, lihat apa saja yang menjadi indikator kesejahteraan keluarga di lingkungan nya,” pungkasnya.

Ibu Arita Apolina juga berpesan agar para kader Posyandu ini selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pemerintah desa

“Semua program kerja para kader Posyandu ini dapat terlaksana juga jika selalu melakukan koordinasi dengan pemerintah desa. Salah satu hal terkait dengan pemberdayaan kesejahteraan keluarga yaitu pencegahan stunting, para kader posyandu ini dapat menjadi pelopor dalam pencegahan stunting dengan perbaikan pola makan, pola asuh dan sanitasi yang baik,” pesannya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Sanggau Henny Lorryda Yuliana AS, SAP., M.Si juga mengingatkan agar para kader harus selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pemerintah desanya.

“Monitoring dan evaluasi harus selalu dilakukan demi peningkatan kesehatan, kesejahteraan dan pendidikan,” jelasnya.

Sekretaris DPMPEMDES Kabupaten Sanggau, Eddy Santana, S.STP berpesan agar para kader Posyandu ini dapat memperhatikan semua indikator penyelenggaraan program posyandu.

“Para kader posyandu mesti memetakan dan merencanakan program kerja nya demi terwujudnya penyelenggaran kegiatan sebagai bentuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, kesehatan maupun SDM di daerahnya masing-masing,” pungkasnya.

Eddy Santana juga berharap agar para kader Posyandu ini dapat berperan efektif dan efisien.

“Kreativitas dan inovasi perlu dilakukan demi meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dan mendorong insentif demi kinerja yang baik. Lakukan identifikasi ulang serta koordinasi kepada pemerintah desa terkait kebutuhan program Posyandu. Selain itu para kader Posyandu ini juga harus bisa menjadi agen penggerak sekaligus agen perubahan untuk mendorong kemajuan ekonomi, kesehatan serta pendidikan yang ada di desa,” tutupnya.

 

Penulis : Hagie

Editor : Hagie

Loading