Pemkab Komitmen Berikan Ruang Ekspresi Semua Etnis

Pemkab Komitmen Berikan Ruang Ekspresi Semua Etnis


//DISKOMINFO – SANGGAU//

SANGGAU — Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si memastikan bahwa ruang ekspresi budaya dan adat istiadat bagi semua etnis di Kabupaten Sanggau diberikan dalam porsi yang sama. Bahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sanggau mendukung hal tersebut melalui APBD.

“Di Sanggau ini, semua etnis kita berikan ruang ekspresi yang sama. Pemerintah ingin semua budaya dan adat istiadat seluruh etnis yang ada dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Tidak ada yang lebih dominan. Ini membuktikan bahwa Sanggau sangat siap dalam hidup dalam keberagaman,” ujarnya di acara pengukuhan pengurus DPD Gebu Minang Kalimantan Barat dan DPC Gebu Minang Kabupaten dan Kota Se-Kalimantan Barat yang dipusatkan di Gedung Balai Betomu Sanggau, Kecamatan Kapuas. Sabtu malam (12/08/2023).

“Kita harus bangga semua etnis bisa hidup berdampingan. Kami juga mendukung kegiatan kebudayaan serta adat istiadat melalui penganggaran dalam APBD. Hal ini kami lakukan sebagai cerminan visi dan misi daerah yakni Sanggau Berbudaya dan Beriman (Sanggau Budiman) sebagai satu dari tujuh prioritas kepemimpinan Bupati Sanggau Paolus Hadi,” jelasnya.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pengurus DPD Gebu Minang Kalimantan Barat dan DPC Gebu Minang Kabupaten/Kota se-Kalimantam Barat periode 2023-2028 yang telah dikukuhkan.

Dikatakannya, pembangunan di sektor ekonomi sangat perlu didukung sebagai upaya mengendalikan inflasi termasuk oleh masyarakat etnis Minang yang tergabung dalam Gebu Minang Kalimantan Barat.

“Karena ini gerakan ekonomi, saya perlu sampaikan bahwa sektor ekonomi tidak dapat dibangun oleh pemerintah semata. Sangat dibutuhkan peran masyarakat di dalamnya. Nah, Gebu Minang mudah-mudahan bisa dapat optimal dalam sektor ekonomi sehingga inflasi bisa dikendalikan secara bersama-sama,” jelasnya.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji juga berpesan bahwa dalam pembangunan sumber daya manusia Kalimantan Barat, etnis Minang juga harus proaktif sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM terutama bagi generasi muda masa depan.

Sementara itu, Ketua DPP Gebu Minang, Oesman Sapta Odang mengatakan pengurus DPD Gebu Minang maupun DPC Gebu Minang Se-Kalimantan Barat mesti memiliki jati diri yang kuat. Hal tersebut penting bagi tumbuh dan berkembangnya organisasi etnis sehingga dapat berperan penting dalam membantu pembangunan Daerah.

“Saya sebagai organisasi maupun pribadi meyakini pentingnya untuk selalu tumbuh dari bawah. Karena sesuatu yang dimulai dari bawah akan sangat kuat kedepannya, termasuk Gebu Minang ini,” katanya.

Di momen tersebut, ia juga menekankan pentingnya filosofi hidup dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung karena bagaimana pun etnis Minang hidup berdampingan dengan etnis lain dan punya kewajiban yang sama untuk berperan dalam membangun daerah.

Penulis : Rizky Kurniawan

Editor   : E.A.Lusy